in

Ini Resep Kue Nastar yang Mudah dan Enak

Paduan kue yang lembut dan selai nanas yang legit, siapa yang nggak tergoda?

resep kue nastar
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kue nastar selalu jadi idola kue kering khas Lebaran. Rasanya yang gurih, teksturnya yang renyah, dan isian selai nanas yang legit dan manis bikin nastar punya banyak penggemar. Nah, gimana kalau kita bikin sendiri nastar pakai resep kue nastar ini? Dijamin mudah dan enak.

Pertama, kamu harus menyiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nastar. Bahan-bahan:

  • 4 butir kuning telur
  • 2 butir kuning telur yang dikocok tersendiri
  • ½ kilogram mentega butter atau margarin kalau kamu tidak memiliki butter
  • ½ tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • 300 gram gula pasir
  • 1 bungkus vanili
  • 100 gram keju cheddar, kamu bisa juga pakai keju gouda
  • 50 gram kismis
  • 1 buah nanas yang sudah dikupas
  • 1 potong kayu manis ukuran kecil

Pembuatan nastar ini terbagi menjadi dua tahap. Pertama pembuatan selai sebagai isian dan kedua bahan adonan.

Pembuatan isian selai dilakukan dengan cara berikut. Pertama, nanas dikupas dan diparut untuk melembutkan nanas. Setelah itu, masak nanas yang sudah dilembutkan tersebut dengan wajan atau panci. Panaskan nanas di atas api kecil.

Masukkan gula pasir sebanyak 300 gram. Aduk adonan sampai matang dan kental. Jika sudah matang, dinginkan adonan. Bulatkan selai sebesar mutiara. Sisihkan selai.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat selai sendiri, kamu bisa menggunakan selai instan. Pilih selai yang bisa dibentuk seperti bola, ya. Kamu akan lebih mudah memasukkan isian selai jika selai mudah dibentuk.

Langkah kedua adalah membuat adonan kue. Pertama, siapkan loyang berbentuk persegi panjang. Olesi loyang dengan margarin.

Di wadah berbeda, kocok empat butir kuning telur dengan gula halus dan mentega. Kocok campuran tersebut sampai mengembang. Masukkan parutan keju seluruhnya ke adonan. Jangan lupa masukkan pula tepung terigu dan vanili. Aduk adonan hingga bisa dibulatkan.

Jika sudah ada dua adonan yang berbeda, kamu mulai bisa menyatukannya. Bulatkan adonan kue dengan tangan seukuran lebih kecil dari bola golf. Kamu bisa juga membuatnya lebih besar atau lebih kecil, sesuai selera.

Masukkan adonan selai ke bulatan kue tersebut. Kemudian, potong kismis menjadi lebih kecil. Letakkan potongan kismis tersebut di atas bulatan kue. Olesi permukaan kue dengan kocokan kuning telur yang berbeda.

Jika sudah, susun kue di atas loyang yang sudah disiapkan. Panggang kue dalam oven hingga warnanya berubah kecokelatan.

Resep ini bisa menghasilkan hingga 40 butir nastar, lho. Kamu bisa membuatnya lebih banyak kalau adonan kamu bentuk lebih kecil, dan sebaliknya. Kalau kamu pengen aroma kue nastarmu lebih wangi, kamu bisa mengganti kismis dengan cengkih.

Jakbook Pasar Buku Kenari

Akhirnya, Jakarta Punya Jakbook Pasar Buku Kenari

kue kering Lebaran

Beragam Kue Kering Lebaran, Mana Kesukaanmu?