in

Ini Usia Emas Buat Merintis Bisnis Sendiri

merintis bisnis sendiri
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Bagi kebanyakan orang, merintis bisnis sendiri dianggap sebagai suatu hal yang sulit. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menjadi karyawan terlebih dahulu. Penghasilan sebagai karyawan dapat kamu kumpulkan untuk dijadikan modal bisnis.

merintis bisnis sendiri
Foto: Pixabay

Selain itu, pengalaman selama menjadi pegawai bisa dimanfaatkan dalam pengelolaan bisnis kelak. Tapi, itu kalau bidang kerjanya sesuai dengan bisnis yang akan dirintis. Pastinya, cara ini cukup populer terutama bagi yang modalnya cekak. Namun, pertanyaannya adalah sampai kapan memupuk modal untuk bisa buka usaha sendiri?

Menurut hasil survei yang digelar lembaga Kauffman Foundation, pada 2014, kebanyakan orang Amerika baru buka bisnis saat usianya 45—54 tahun, yakni sebesar 26,6 persen. Di bawahnya, sebanyak 25,8 persen baru menyandang status pengusaha saat berumur 55—64 tahun. Sementara itu, yang merintis bisnis saat berusia 20—34 tahun hanya 24,7 persen. Kemudian yang terkecil adalah kelompok usia 35—44 tahun, yakni cuma 22,9 persen.

Survei tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan orang Amerika memulai bisnis saat usia mereka di atas 40 tahun. Apakah itu usia emas buat merintis bisnis sendiri? Bisa iya, bisa juga tidak. Kenapa begitu?

Karena jika dicermati, perbedaan usia itu sangat tipis, kurang lebih 2 persen. Hal yang menentukan emas atau bukan sebuah usia untuk memulai bisnis ya individunya sendiri. Jika memang sudah siap buka bisnis dan terbukti usahanya maju dan berjaya, itulah usia emas bagi orang tersebut.

Sebaliknya, jika bisnisnya ambruk, patut dikatakan usia saat dia memulai bisnis bukanlah usia emas. Artinya, usia bukanlah faktor yang paling menentukan dalam sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Mark Zuckerberg memulai Facebook ketika usianya 20-an. Tapi, Ray Kroc sukses berat dengan McDonald’s saat berusia 52 tahun. Meski begitu, ada keuntungan yang didapat jika memulai bisnis ketika usianya sudah “matang”. Pengalaman yang umumnya lebih banyak bakal sangat membantu dalam usaha yang dikerjakan.

Keuntungan lainnya adalah bisa mengumpulkan modal lebih banyak sehingga gak pusing mikirin dana buat buka usaha. Waktu mesti dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menambah modal. Mungkin bisa ambil pekerjaan sampingan karena yang penting, semua tugas terselesaikan dengan baik tanpa gangguan satu sama lain.

tanda-tanda motor perlu diservis

Tanda-tanda Motor Perlu Diservis

warna baju untuk kulit sawo matang

7 Rekomendasi Warna Baju untuk Kulit Sawo Matang