in , ,

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Kena Catcalling

catcalling
foto: pixabay

Ngobrolin.id Catcalling merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual dalam bentuk verbal atau psikis yang dilakukan di ruang publik seperti jalan raya atau transportasi umum. Pelecehan ini memang lebih sering dialami oleh perempuan, tetapi pelecehan ini juga bisa menimpa laki-laki. Bagi korban yang baru pertama kali mengalaminya pasti akan langsung ketakutan dan bingung harus melakukan apa.

Pelecehan catcalling sering terjadi bukan karena penampilan seseorang. Pelecehan ini murni karena kultur si pelaku. Apa pun penyebabnya, pelecehan ini tidak patut dilakukan karena dapat menimbulkan trauma yang mendalam bagi korban.

Untuk kamu yang kebingungan mengatasi pelecehan catcalling, berikut ini Tim Ngobrolin kasih beberapa tips untuk menghadapinya yang diambil dari berbagai sumber.

Menghindar atau melawan

Jangan bingung atau ketakutan ketika kamu mendapatkan pelecehan ini di tempat umum. Kamu hanya perlu memutuskan ingin melawan atau menghindar. Apabila situasi saat itu tidak memungkinkan untuk melawan, kamu dapat memilih untuk menghindar. Memang, terkadang, kondisi tidak berpihak pada kamu sebagai korban sehingga pilihan melawan malah akan membuat kamu terjebak dalam masalah lain.

Berhenti dan menatap pelaku dengan berani

Pelaku catcalling memiliki rasa senang tersendiri ketika melihat korbannya pasrah dan ketakutan. Biar dia gak merasa senang, kamu bisa menatap pelaku dengan tatapan yang tegas sebagai bentuk perlawanan dan keberanian. Kamu harus berani jangan tertekan dengan pelecehan yang sedang dilakukan.

Kamu juga bisa langsung meneriakinya untuk mengatakan ‘stop’. Biasanya, pelaku akan langsung berlagak tidak tahu dan terkadang berkelit melindungi dirinya sendiri.

Percaya diri

Sebagian besar catcalling dilakukan di tempat umum ketika kondisi sedang tidak begitu sepi tetapi juga tidak begitu ramai. Kalau kondisi di tempat tersebut tidak sepi, kamu harus tetap percaya diri untuk menghadapinya. Percaya diri dapat membuat kamu lebih berani untuk menghadapinya.

Jangan pernah takut untuk melapor

Ketika kamu mendapatkan pelecehan seksual jangan pernah takut atau ragu untuk melapor kepada petugas keamanan terdekat, apalagi jika kamu sudah merasa ketakutan. Agar laporan semakin mudah diproses, kamu bisa mengumpulkan bukti-bukti berupa dokumentasi seperti video dan foto yang diambil secara diam-diam.

devil on top

Sinopsis Devil on Top

equil

Equil, Air Mineral Mahal Asal Sukabumi