in

Ini yang Terjadi Jika Meletakkan Kompas di Kutub Selatan

Ternyata menunjukkan arah yang unik

kompas di kutub selatan
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Seperti yang kita ketahui, kompas memiliki magnet yang dapat mengarah ke selatan dan utara secara otomatis. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya apa yang akan terjadi apabila kita meletakkan kompas di kutub selatan? Bagaimana jarum kompas tersebut akan bekerja dan mengarah ke mana jarum tersebut? Berikut penjelasannya.

Kompas yang diletakkan di kutub selatan ternyata akan menunjukkan hasil yang tidak akurat. Hal ini karena bumi sendiri memiliki dua kutub yang berbeda. Dua kutub ini adalah kutub geografis dan kutub magnet.

Kutub geografis yang dimaksud mengarah pada kutub selatan dan kutub utara. Kedua kutub ini merupakan ujung paling selatan dan ujung paling utara belahan bumi. Berbeda dengan kutub geografis, kutub magnet bumi melenceng hingga ribuan kilometer dari kutub geografis.

Medan magnet yang ada di bumi sendiri merupakan penumpukan cairan yang kaya akan zat besi di inti bumi. Penumpukan ini terjadi dan ketika bumi berotasi sehingga medan magnet bergeser mengikuti kecepatan dan pola pergerakan fluida.

Jarum kompas yang ada di kompas dirancang agar dapat sejajar dengan magnet bumi. Ujung utara tentu saja menunjuk ke kutub utara. Sementara, ujung selatannya menunjuk ke kutub selatan secara magnetik.

Jika kamu meletakkan kompas ini semakin dekat ke kutub selatan, garis medan akan melengkung. Jarum ini akan berjalan tegak lurus ke permukaan bumi. Hal ini terjadi karena medan magnet bumi sekali lagi tidak tersusun dalam garis lurus utara—selatan.

Kompas ini mengarah langsung menuju bumi. Dengan kata lain, kompas ini tidak berfungsi seperti jika kamu menggunakannya di belahan bumi lain.

Akibat fenomena ini, para penjelajah yang berada di kutub selatan umumnya tidak menggunakan kompas sebagai alat bantu perjalanan. Mereka menggunakan sudut matahari dan posisi bintang untuk menandai keberadaan mereka. Namun kini, kecanggihan teknologi telah memperkenalkan manusia dengan teknologi GPS.

Lantas, di manakah daerah yang menunjukkan posisi kompas paling akurat? Jawabannya ada di daerah khatulistiwa. Di daerah ini, kompas akan benar-benar menunjuk arah utara dan selatan sesuai dengan kutub magnet bumi. Di daerah khatulistiwa, seluruh medan magnet ini berada dalam posisi horizontal.

 

pemeran Joker

Di Balik Senyum Legendarisnya, Ini Deretan Aktor Pemeran Joker

karier menggambar

Karier Kekinian Buat Kamu yang Hobi Menggambar