in

Ini yang Wajib Kamu Tahu tentang Style Kaftan

style kaftan
Foto: Cosmopolitan Middle

Ngobrolin.id — Apakah kaftan adalah pilihan busanamu untuk lebaran nanti? Kaftan memang identik dengan Ramadan dan Lebaran. Namun, apa saja yang kamu tahu tentang style kaftan?

Kaftan sebenarnya berasal dari Timur Tengah dan dulunya digunakan oleh pria. Sekarang kaftan dipakai semua kalangan di seluruh dunia dan begitu identik dengan muslimah. Dahulu, kaftan dipakai oleh para sultan dari Dinasti Ottoman. Mereka memakai kaftan dengan desain yang mewah yang dibuat dari sutra dan memiliki banyak ornamen rumit dan indah.

Kaftan sendiri merupakan jubah berukuran panjang, dengan desain lengan panjang dan kerah lebar. Biasanya juga dipakai dengan sabuk. Kaftan dibuat dengan kain sutra atau sifon untuk memberi kesan loose.

Di Rusia, kaftan mempunyai desain dengan motif floral dan menggunakan bahan sutra yang sedikit tebal. Di sana, kaftan dipakai oleh pria dengan celana linen, boots, dan topi. Mereka menggunakannya saat menunggang kuda.

Lain dengan Rusia, kaftan di Afrika berbahan tipis, dipakai oleh pria dan wanita. Bahan yang tipis itu mempunyai maksud agar si pemakai tidak merasa panas. Hal itu disesuaikan dengan iklim di Afrika yang memang panas.

Pada 1950 dan 1960-an, desainer terkenal Christian Dior dan Balenciaga mengadaptasi kaftan menjadi menjadi tren fesyen di Eropa. Lalu, pada 1996, Gucci juga merilis kaftan sebagai koleksi Spring-nya. Tidak hanya itu, desainer terkemuka seperti Elie Saab juga pernah memakai kaftan dalam acara Red Carpet. Nah, berikut ini beberapa style kaftan yang wajib kamu tahu.

  1. Boho style

Bohemian kaftan style decorated with tassels dan inilah yang membuat kaftan jenis ini unik dan berbeda dari yang lain. Kaftan ini dihias menggunakan renda dan sulaman yang indah pada beberapa bagian (ada juga yang full) dan bohemian print jika bahannya chiffon.

  1. Vintage style

Kaftan dengan Vintage Style lebih colorful dan playful. Pada bagian leher dan pinggang diberi hiasan manik-manik atau sulaman untuk mempercantik. Style ini tidak jauh berbeda dengan kaftan biasanya. Perbedaannya hanya pada pemilihan warna dan motifnya.

  1. Modern style

Style kaftan dengan bentuk yang lebih bebas, namun tetap mempertahankan pola asli. Pemilihan bahan tidak hanya terbatas dengan chiffon dan sutra. Kaftan ini lebih simpel dengan sedikit hiasan, biasanya juga dimodifikasi dengan hal-hal yang sedang tren.

manfaat asam jawa

5 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Ini Sangat Menakjubkan

Adam Levine

Featuring Adam Levine, Lagu-lagu Ini Jadi Makin Populer