in

Inilah Alasan Kenapa Hujan Baunya Enak

aroma air hujan
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Kamu pernah nggak sih, penasaran kenapa hujan baunya enak? Ternyata, aroma hujan ini disebabkan oleh beberapa hal, lho. Dan, jangan khawatir karena ada banyak orang yang memang suka aroma air hujan yang baru turun. Itu bukan hal yang aneh, kok.

Leluhur kita bergantung pada musim basah untuk bertahan hidup. Dan menyukai bau hujan adalah salah satu ciri-ciri yang mereka wariskan sampai kini.

Bau hujan disebut juga petrikor, merupakan kata yang diserap dari bahasa Inggris petrichor dan diartikan sebagai aroma alami yang dihasilkan saat hujan jatuh ke tanah kering. Bahasa Yunani yang merupakan induk kata ini mengartikan petra yang berarti batu dan ichor yang berarti cairan di tubuh dewa. Bisa ditebak, kan mengapa dinamai petrikor?

Istilah ini mulai dikenal ketika Roderick G. Thomas memperkenalkannya pada salah satu artikel yang ia buat di Jurnal Nature. Ia menjelaskan bahwa bau hujan yang selama ini kita kenal berasal dari tumbuhan tertentu yang mengeluarkan suatu zat dan diserap oleh tanah.

Ketika hujan turun, zat tersebut menguap ke udara dan bercampur dengan senyawa geosmin. Geosmin merupakan hasil metabolisme sekunder dari aktinobakteri. Gabungan dua senyawa tersebut bikin bau hujan jadi aroma yang khas banget.

Makalah Bear dan Thomas yang terbit pada 1965 juga menyebutkan bahwa zat tersebut bisa menangkal germinasi atau pertumbuhan biji pada tumbuhan.

Selain aroma dari gabungan senyawa, aroma ozon juga dapat tercium, lho kalau sedang ada petir. Kilat dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen, yang merupakan komposisi atmosfer terbanyak di udara. Kedua zat tersebut bergabung menjadi nitrit oksida yang memiliki bau tajam mirip klorin.

Belum lama ini, pada 2015, Cooper-White dan Macrina yang merupakan ilmuwan MIT merilis hasil percobaan mereka. Mereka menggunakan kamera yang dapat merekam kecepatan sangat tinggi untuk merekam gerak bau pada 26 permukaan yang berbeda.

Hasil penelitian tersebut menjabarkan bahwa saat air hujan menyentuh permukaan berpori, udara dari dalam pori akan keluar dan membentuk gelembung kecil yang muncul ke permukaan dan mengeluarkan aerosol atau gabungan udara dan gas.

Partikel aerosol tersebut membawa beragam bau, bakteri, dan virus yang ada di dalam tanah. Jika hujan terjadi lebih lambat, aerosol yang terbentuk akan lebih banyak dan bau yang tercium pun akan lebih tajam.

lemon cheesecake whitening mask

Yuk, Cobain Lemon Cheessecake Whitening Mask

white chocolate

Oh.. Ini Bedanya White Chocolate dengan Cokelat Lainnya