in

Inilah Beberapa Alasan Untuk Memulai Bisnis di Usia Muda

Bisnis di usia muda
Image: Pixabay

Seseorang yang berbisnis memiliki alasan-alasan tersendiri yang
mungkin berbeda dengan orang lain. Pada bab ini kamu akan melihat
beberapa alasan dan juga ciri khas anak muda dalam menjalankan bisnis.

Bila kamu melakukan sesuatu, apalagi jika mengambil keputusan untuk berbisnis di usia muda, kemungkinan besar ada motivasi alias alasan mengapa melakukannya. Tidak mungkin kamu ujug-ujug melakukan sesuatu tanpa sebab. Contoh sederhana, kamu makan karena merasakan lapar. Nah, begitu juga dalam berbisnis, pasti ada alasan-alasan tertentu yang mendorong kamu melakukan suatu usaha tersebut. Ada beberapa motivasi yang melatarbelakangi anak-anak muda mengambil pilihan untuk berbisnis. Motivasi tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Ingin mencari uang   
Ada anak muda yang berbisnis untuk mencari uang. Motivasi ini biasanya didesak oleh kondisi ekonomi. Sebagian besar orang berbisnis didorong oleh motivasi ini. Motivasi berbisnis ini semata mata karena ingin mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Motivasi tersebut merupakan motivasi yang umum dimiliki oleh para pebisnis. Tidak hanya kaum muda, tetapi juga para pekerja usia dewasa yang mempunyai tanggung jawab memberi nafkah pada keluarganya.

Beruntunglah kamu yang punya kesadaran untuk tidak menjadi beban bagi orang lain pada usia


2. Ingin mendapatkan pengalaman

Ada juga anak muda yang “terjun” ke dalam bisnis ini karena ingin mendapatkan pengalaman. Ingin merasakan mencari uang sendiri, susahnya mencari uang, jatuh dari bisnis, dan serunya berintraksi dengan hal-hal baru. Motivasi ingin mendapatkan pengalaman ini terutama dilakukan oleh jenis orang yang tidak suka dengan rutinitas dan mereka tertarik dengan hal-hal baru yang akan memperkaya pengalaman mereka.
Bagi kamu yang mempunyai motivasi ingin mendapatkan pengalaman, tidak perlu pusing memikirkan akan mendapatkan untung besar, kecil, impas, atau malah rugi. Hal terpenting bagi kamu yaitu mendapat pengalaman yang baru. Biasanya kamu yang melakukan hal ini bukanlah orang yang mengalami kesusahan finansial. You just want to feel the new thing!

Pada umumnya, di usia yang sekarang, kamu ingin mendapatka kebebasan emosional. Ingin bebas melakukan apa saja yang kamu sukai. Mau pendapat-pendapat dan pikiran kamu diakui dan disejajarkan dengan
orang dewasa.

3. Karena iseng-iseng

Menunggu saat-saat sekolah atau kuliah lagi. Terkadang ada orang yang memanfaatkan masa menunggu ini untuk berbisnis kecil-kecilan. Waktuwaktu senggang ketika menunggu tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Itung-itung bisnis tersebut sebagai sesuatu yang bisa menambah pengalaman. Motivasi karena iseng-iseng juga dikerjakan oleh orang yang sedang menunggu panggilan kerja tetap yang diinginkan

Bisa saja bila dari motivasi “iseng-iseng’” tersebut, kamu akan menemukan bakat terpendam dalam berbisnis yang bisa melejitkan kamu menjadi orang besar. Bakat terpendam dalam berbisnis terkadang tidak 1 kita sadari sebelum melakukan keisengan-keisengan dalam bisnis. Iseng-iseng yang kamu lakukan bisa jadi benih yang akan kamu panen pada suatu saat nanti.

4. Karena hobi

Berbisnis karena hobi mempunyai sisi baik dan tidak baik. Alasan berbisnis karena hobi itu bisa menjadi sesuatu yang baik karena secara naluriah seseorang akan lebih produktif jika dia menjalankan sesuatu yang disukai. Coba bayangkan jika kamu hobi main gitar, kemudian dihadapkan pada dua pilihan: bermain gitar atau menulis, kemungkinan besar kamu akan lebih memilih bermain gitar. Di sisi lain, berbisnis karena hobi mendatangkan efek yang tidak baik. Hal ini disebabkan hobi biasanya ada saat-saat moodnya. Terkadang, dengan hobi tersebut membuat kita semangat, tapi kalau mood-nya sudah hilang maka bisnis tersebut tak dilakukan lagi. Istilahnya “hangat-hangat tahi ayam.” Padahal kalau kamu sudah terjun ke dunia bisnis, kamu tidak boleh bergerak bergantung mood saja.

Apa pun motivasi dalam berbisnis, kamu biasanya mempunyai alasan yang berbeda dengan orang lain walaupun menjalankan bisnis yang sama. Hal terpenting yaitu kamu harus “tahan banting” supaya bisnismu berkembang.


Mengenal Manfaat Detoksifikasi Pada Tubuh