in

Inilah Yang Harus Dipertimbankan Sebelum Menjadi Mompreneur

Beberapa tahun belakangan ini, gelombang kewirausahaan menyerbu kehidupan ekonomi Indonesia dengan dahsyat. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan ini dikenal dengan istilah entrepreneurship. Banyak orang yang ’banting setir’ menjadi pengusaha. Demam berwirausahaini kemudian merebak seiring dengan bermunculannya seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan entrepreneurship. Entrepreneur atau dalam bahasa Indonesianya disebut wiraswasta merupakan salah satu profesi yang sangat menarik dan menantang oleh sebagian orang. Wiraswasta menarik bagi orang yang mudah bosan dalam bekerja, menyukai tantangan baru dalam bekerja, dan orang yang memiliki jiwa dinamis. Sebaliknya, wiraswasta bagi pecinta kestabilan kerja dan cinta kemapanan mungkin bukan sebuah tantangan, justru merupakan sebuah ancaman. Hal tersebut disebabkan dalam berwiraswasta, pelaku harus siap dengan naik turun pendapatan sehingga harus siap pula dengan ketidakmapanan.

Kali ini kita akan ngobrolin tentang Mompreneur. Mompreneur sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yaitu mommy (ibu) dan entrepreneur (wiraswasta). Dengan demikian, mompreneur adalah istilah untuk ibu rumah tangga yang memiliki dan mengelola usahanya sendiri. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan yang bias kalian pertimbangkan sebelum menjadi Mompreneur.

Kelebihan Menjadi Mompreneur:

  • Menutupi kekurangan dalam perekonomian keluarga.
  • Mempunyai penghasilan sendiri sehingga tidak tergantung dengan suami dalam keinginan membeli peralatan rumah tangga atau suatu barang tertentu.
  • Menambah pemasukan keluarga.
  • Meringankan pengeluaran biaya untuk anak.
  • Membuat diri populer.
  • Memperluas pergaulan. • Menambah ilmu yang sebelumnya tidak pernah diketahui.

Kerugian menjadi mompreneur

  • Memerlukan pengorbanan ekstra seperti banyak mengeluarkanenergi, pikiran, kesabaran, dan tentu saja pengorbanan waktu.
  • Menambah kesibukan ibu karena harus membagi perhatianantara mengurus anak dan mengelola bisnis. Bukan tidak mungkin kerepotan ketika bisnis dan mengurus anak saling berbenturan.
  • Menimbulkan perselisihan atau perbedaan pendapat dengan
  • suami atau anggota keluarga lainnya apabila tidak mendapat izin melakukan bisnis.

Setelah Anda mengetahui keuntungan dan kerugian menjadi mompreneur, maka informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang mompreneur yang sukses. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dalam sekejap. Bacalah kisah orang-orang sukses dan Anda akan menemukan bahwa sebagian besar orang membangun kesuksesannya melalui satu kata kunci: PROSES!


Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Pensiun?

Inilah Beberapa Alasan Untuk Memulai Fitnes