in ,

Insecure Mulu, Wajar Sih Tapi ya Jangan Dirasain Terus!

cara mengatasi rasa insecure
foto: Unsplash

Ngobrolin.id Insecure merupakan salah satu istilah yang berkembang pesat ketika media sosial sudah menjadi kebutuhan. Banyak orang yang merasa insecure dengan penampilan, keterampilan, dan hal-hal pribadi lain yang dirasa masih kurang sempurna. Rasa ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang harus segera diatasi. Ada banyak cara mengatasi rasa insecure, tetapi cara yang paling utama dan penting adalah mencintai diri sendiri.  

Rasa insecure bisa membuat seseorang menjadi gundah gulana, khawatir, murung, sulit merasa bahagia, dan kondisi-kondisi buruk lainnya. Nah, daripada rasa insecure kamu semakin berlebihan, berikut ini beberapa tips dari Tim Ngobrolin untuk mengatasi rasa insecure ketika sedang kambuh.

Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap orang memiliki cerita yang berbeda-beda. Bisa jadi ia unggul dalam satu bidang, tetapi kurang di bidang lain. Nah, kamu harus berhenti untuk membandingkan diri kamu dengan keunggulan orang lain. Mulai saat ini, kamu harus fokus dengan diri sendiri untuk memperbaiki hal yang kurang dan mengembangkan hal yang sudah diberikan ke kamu, seperti kemampuan.

Nah, biar lebih mudah mengurangi kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kamu bisa berhenti bermain media sosial untuk sementara.

Menjadi dan mencintai diri sendiri

Dengan mencintai diri sendiri, kamu bisa menemukan kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam diri sehingga kamu bisa jauh lebih mengenal diri sendiri. Kalau kamu belum bisa mencintai diri sendiri, yang ada kamu tidak pernah mengenal diri sendiri. Jangan malah mencintai orang terus, tetapi lupa mencintai diri sendiri. Diri kamu juga berhak untuk dicintai.

Setelah mencintai diri sendiri, kamu dapat lebih mudah fokus dengan tujuan dan proses hidup kamu sendiri dan bisa mengabaikan proses dan tujuan orang lain.

Cari teman yang bisa mendukung

Teman menjadi salah satu hal penting untuk membuat kamu keluar dari zona insecure. Jika kamu ada di lingkungan yang kurang baik, kamu bisa terus berada di zona yang kurang baik. Oleh karena itu, cari teman yang bisa mendukung kamu agar bisa lebih mudah berpikiran positif.

Jangan lupa untuk bersyukur

Bersyukur, kata klasik yang sering dilontarkan orang-orang untuk menghilangkan rasa insecure. Namun, kenyataannya memang benar. Jika kamu masih belum bisa bersyukur dengan apa yang sudah diberikan di dalam hidup, kamu akan lebih mudah terjebak dalam zona insecure tersebut.

resolusi 2021

Rekomendasi Ide untuk Resolusi 2021 Buat Kamu yang Masih Bingung

bunga yang bisa dimakan

Ragam Manfaat Air Mawar untuk Wajah yang Sayang Banget Dilewatkan