in

Insomnia? Coba Beberapa Hal Ini Ya!

insomnia merupakan
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Secara umum, insomnia merupakan suatu gangguan kelainan tidur berupa kesulitan untuk tidur. Insomnia dapat disebabkan oleh penyakit fisik ataupun kondisi psikologis. Kalau kamu merasa mengalami kesulitan tidur akhir-akhir ini, nggak ada salahnya lho mencoba beberapa hal ini biar bisa lekas tidur.

Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa bikin pikiran dan perasaan kamu jauh lebih rileks, lho. Apalagi kalau kamu dalam keadaan lelah, tapi nggak mengantuk. Mandi air hangat minimal dua jam sebelum tidur bisa bantu kamu atasi insomnia.

Pijat wajah dan kepala

Pijatan ringan pada wajah dan kepala bisa bikin kamu jadi lebih rileks dan nyaman. Hal ini karena otot-otot pun ikut bergerak karena dipijat. Nggak perlu meminta bantuan tukang pijat, pijat sekitar wajah dan kepala ini bisa kamu lakuin sendiri kok.

Makan sayur kangkung

Kangkung mengandung kadar kalium yang cukup tinggi. Sementara, salah satu fungsi kalium dalam tubuh adalah menurunkan tekanan darah. Selain itu, pikiran pun akan rileks karena tekanan darah turun dan kamu pun bisa mengantuk. Tertarik mencoba? Jangan lupa, habis makan kangkung, gosok gigi lagi, ya!

Mendengarkan musik

Musik-musik tenang dan instrumental seperti denting piano atau gitar bisa bantu kamu cepat mengantuk lho. Selain itu, suara alam seperti desir ombak, detak jantung, suara hujan, atau gemericik air juga bisa banget bikin kamu jadi lebih rileks.

Ngemil pisang

Kandungan triptofan, kalium, dan magnesium bisa membuat kita jadi mudah mengantuk setelah mengonsumsi pisang. Neuron di tubuh kita pun akan lebih tenang sehingga pikiran jadi lebih rileks dan akhirnya mengantuk. Tapi ingat, jangan lupa gosok gigi.

Berhenti beraktivitas satu jam sebelum tidur

Coba hindari melakukan aktivitas berat seperti membaca, bekerja, atau belajar. Bahkan main game dan nonton TV pun bisa bikin kamu insomnia, lho. Bagaimana dengan ponsel? Hmm… sepertinya benda yang satu ini memang harus diletakkan jauh-jauh ya dari kasur biar nggak ngeganggu jadwal tidur.

Minum susu hangat

Selain pisang, susu juga mengandung triptofan yang membantu tubuh cepat mengantuk. Triptofan dapat memberi perasan tenang dan nantinya, triptofan akan diubah jadi serotinin dan melatonin. Melatonin merupakan zat yang juga berperan dalam mengatur siklus tidur seseorang, lho.

Olahraga teratur

Eits, jangan dilakukan tepat sebelum tidur, ya. Kamu bisa mulai meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin pada pagi atau sore hari. Fungsi dari olahraga rutin ini adalah melepas stres sehingga kamu bisa terbebas dari insomnia sepanjang malam.

design thinking

‘Design Thinking’, Kunci Sukses Bisnis Startup

pentingnya membaca buku

Baca Buku Yuk agar Terhindar dari Hal Ini