in ,

Intip Fakta Hujan Meteor yang Dikira Bintang Jatuh

fakta hujan meteor
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Di akhir Juli ini, setidaknya kita bisa menyaksikan dua kali hujan meteor yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi. Hujan meteor tersebut akan tampak pada 26 Juli 2019 dan 29 Juli 2019. Yuk, simak fakta hujan meteor yang masih belum banyak diungkap ini!

Banyak mitos beredar yang menyatakan bahwa hujan meteor sama dengan bintang jatuh. Hal tersebut adalah lumrah terjadi. Sebab, meteor yang memasuki atmosfer bumi akan menyala dan bercahaya, seperti bintang yang selama ini kita lihat di angkasa.

Walaupun mirip, meteor sama sekali bukan merupakan bintang, alih-alih seperti mitos yang selama ini berkembang. Meteor merupakan istilah bagi benda langit bagian dari meteorit.

Meteorit sendiri merupakan benda langit yang berputar mengelilingi bintang. Di tata surya, meteorit berputar mengelilingi matahari. Sama seperti planet, meteorit juga memiliki lintasannya tersendiri.

Saat berputar, beberapa bagian dari meteorit akan keluar dari dirinya dan pecahan tersebut masuk ke asteroid bumi. Dalam jumlah yang cukup banyak, hal tersebut akan tampak seperti hujan bintang yang menuju bumi dengan kecepatan penuh.

Kecepatan meteor memasuki bumi bisa mencapai 250ribu kilometer per jam, lho. Saking cepatnya, meteor akan bergesekkan dengan atmosfer hingga terbakar. Cahaya dari hasil pembakaran inilah yang menimbulkan fenomena langit yang indah dipandang dari bumi.

Jangan khawatir bila kamu pernah melihat hujan meteor lebih dari sekali. Hujan meteor sendiri sangat lumrah terjadi mengingat banyaknya benda langit yang ada di luar angkasa. Meteor yang jatuh ke bumi pun akan habis terbakar di atmosfer.

Suhu pembakaran yang sangat tinggi membuat benda ini habis di langit. Suhu meteor yang terbakar bisa mencapai hingga 1.650 derajat Celcius! Dengan suhu yang sedemikian tinggi, meteor akan terbakar habis sebelum sempat menyentuh permukaan bumi.

Terkadang, ada pula meteor yang tidak terbakar habis. Namun, kemungkinan ini sangat kecil terjadi. Dari banyaknya hujan meteor yang terjadi, kasus ini tidak pernah menjadi musibah.

Dalam satu tahun, bisa terjadi ratusan kali hujan meteor di seluruh penjuru dunia. Namun, hanya beberapa hujan meteor yang bisa diamati. Hal ini karena hujan meteor seringkali tidak bisa diamati dengan mata telanjang karena meteor langsung habis terbakar. Selain itu, hujan meteor juga bisa terjadi di mana saja, termasuk di tengah samudera yang sangat luas.

 

nasi goreng ikan asin

Nasi Goreng Ikan Asin, Begini Cara Membuatnya

Cara Menghindari Bahaya Polusi Udara