in ,

Intip Kuliner Unik Khas Yogya yang Wajib Kamu Coba

wisata kuliner di kota pelajar nggak lengkap tanpa mencoba ini

kuliner unik Yogya
Foto: instagram oki_nofianto

Ngobrolin.id — Berkunjung ke sini akan terasa kurang tanpa mencoba berbagai kuliner unik Yogya. Kota gudeg ini ternyata menyimpan banyak makanan penggugah selera yang tak banyak terdapat di daerah lain. Penasaran?

Sate kere

kuliner unik Yogya
Foto: instagram kulineryogya

Suka menyantap sate? Menu yang satu ini terbuat dari daging yang dibakar dipadukan dengan bumbu kecap. Bedanya, bumbu sate kere khas Yogyakarta ini bukan terbuat dari bumbu kacang, melainkan dari kuah sayur dan tempe.

Nasi goreng kalkun

kuliner unik Yogya
Foto: instagram makankeliling

Jika kamu bosan dengan nasi goreng kebanyakan, kamu bisa mencicip nasi goreng daging kalkun di Kota Yogyakarta. Olahan unggas yang satu ini pasti akan berkesan buat kamu.

Belalang goreng

kuliner unik Yogya
Foto: krisikaputri

Camilan khas Gunungkidul ini wajib kamu coba! Belalang yang biasanya ditemukan liar kini bisa kamu santap sebagai camilan. Serangga yang satu ini digoreng dan diberi bumbu hingga rasanya pedas atau asin sesuai selera.

Mangut lele

kuliner unik Yogya
Foto: instagram kulineryogya

Olahan lele yang satu ini biasa disajikan sebagai lauk dengan paduan nasi hangat. Mangut lele merupakan masakan berbahan lele dengan kuah santan yang pedas. Satu porsi nasi dan mangut lele juga bisa diberi tambahan lain berupa jangan krecek (sayur krecek) yang tak kalah menggoda.

Rujak es krim

kuliner unik Yogya
Foto: instagram satria.madangdolan

Segarnya rujak berpadu dengan manisnya es krim. Menu yang satu ini banyak dijumpai di Kota Yogyakarta, terutama di daerah Pakualaman. Santapan ini sangat cocok dinikmati di siang hari, kala matahari sedang bersinar terik.

Kopi jos

kuliner unik Yogya
Foto: instagram oki_nofianto

Di siang hari menyantap rujak es krim, malam hari kita bisa menikmati kopi jos yang unik. Kopi ini disajikan dengan menambahkan bara arang ke dalam minuman. Dengan begitu, kopi pun mengepulkan asap dan sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera. Kopi jos cocok disantap dengan berbagai sate-satean, sego kucing, dan camilan lain.

Ronde

kuliner unik Yogya
Foto: instagram hyuugiwahyu

Minuman yang satu ini tentu sudah sangat dikenal. Wedang ronde adalah minuman jahe dengan isian berupa kacang tanah sangrai, kolang-kaling, roti tawar, dan pastinya ronde. Ronde sendiri adalah bola-bola ketan berisi gula jawa.

Wedang tahu

kuliner unik Yogya
Foto: instagram abangsukamakan

Jika tahu biasanya disantap sebagai lauk, wedang tahu bisa dinikmati sebagai minuman. Nama lain dari wedang tahu adalah tahwa atau kembang tahu. Rasanya yang ringan dan lembut, cocok dinikmati dengan kuah jahe.

Brongkos

kuliner unik Yogya
Foto: instagram zona.makanan

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini hampir mirip dengan rawon khas Jawa Timur. Keunikannya terdapat pada isian sayur brongkos yang berupa kacang tolo dan tahu. Brongkos bisa disajikan dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi

Buah Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

olahraga bagi penderita diabetes

Ini Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes