in , , ,

iPusnas, Bisa Pinjam Buku Digital dari Handphone

perpustakaan digital yang wajib kamu coba

ipusnas
foto: Ipusnas.id

Ngobrolin.id — Siapa di antara kamu yang suka malas jalan ke perpustakaan, padahal sedang butuh buku sebagai sumber referensi? Atau, mau membeli buku, tapi lagi akhir bulan jadi bokek? iPusnas mungkin bisa jadi solusi kamu untuk pinjam buku digital (e-book) dari handphone.

iPusnas merupakan perpustakaan digital yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional guna membantu masyarakat agar lebih mudah mengakses buku-buku referensi atau bacaan. Perpustakaan digital ini sudah bisa kamu akses melalui smartphone berbasis Android ataupun IOS, serta website.

Fitur-fitur dalam aplikasi iPusnas dibuat dengan sangat menarik dan mudah untuk dipahami. Aplikasi ini didesain sederhana sehingga tidak menyulitkan para pengguna. Kamu bisa langsung mengunduh di Playstore, App Store, atau membukanya langsung di komputermu dengan mengakses website ipusnas.id.

Dengan hadirnya iPusnas diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Sebab, baca buku akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tampilan dari fitur ini dibuat sangat nyaman sehingga meskipun membaca lewat handphone, kamu tidak akan dibuat pusing.

Pada perpustakaan digital ini juga ada fitur comment sehingga kamu bisa menjalin komunikasi dengan beberapa orang yang pernah membaca buku yang sama. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan review dari mereka.

Syarat pendaftarannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mendaftarkan e-mail dan membuat password-nya. Setelahnya, kamu sudah bisa langsung mengakses perpustakaan digital ini.

Pada perpustakaan digital ini kamu bisa meminjam buku dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh sistem. Setiap buku memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, tetapi rata-rata jangka waktu peminjaman buku selama dua hari. Jadi, selesaikan bacaan buku yang sudah kamu pinjam, ya. Karena saat jangka waktu sudah habis, buku akan otomatis menghilang dari daftar bacaanmu.

Jumlah e-book pada iPusnas terbilang banyak. Namun, karena animo masyarakat terhadap perpustakaan digital ini cukup tinggi, seringkali jika ingin mendapatkan buku yang memang memiliki peminat yang banyak, harus bersabar untuk antre.

Dalam perpustakaan digital ini juga disediakan oleh fitur daftar pustaka sehingga kamu tidak perlu susah nge-scroll ke halaman yang ingin kamu baca. Buka daftar pustaka, lihat bab apa yang hendak kamu baca, lalu klik. Halaman akan langsung tertuju ke halaman yang kamu pilih.

Sudah banyak yang telah terbantu dengan aplikasi ini, jadi tunggu apalagi untuk mencobanya?

 

youtuber traveller

Deretan YouTuber Traveller yang Punya Gaya Unik

pamunqkas

Pamunqkas dengan Lagu yang Sukses Menyihir Hati