in ,

Jajanan Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang

jajanan yang bikin flashback masa kecil

jajanan jadul
foto : Pixabay

Ngobrolin.id — Hanya dari sepotong kue, pasti kamu bisa langsung flashback ke masa kecil. Masa di mana yang kamu tahu hanya main dan omelan ibu yang menyuruh kamu mandi, padahal masih ingin main. Ada banyak jajanan jadul yang masih bertahan hingga saat ini, bahkan keberadaannya sangat dicari-cari. Nah, karena dicari-cari, akhirnya harga jual makanan ini pun menjadi tinggi. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

Kue cubit

Dahulu, banyak penjual kue cubit pikulan atau dorong yang keliling di sekitaran rumah atau perkampungan. Pembeli bisa memesan adonannya setengah matang biar rasa kue cubit menjadi lebih gurih dan lembut. Selain kue cubit, kamu juga bisa memesan kue jaring laba-laba. Pada dasarnya adonan yang digunakan sama saja, hanya teknik masaknya yang berbeda.

Kalau dulu kamu bisa mendapatkan beberapa potong kue cubit seharga Rp500, sekarang kamu harus mengeluarkan Rp3.000—Rp15.000 untuk mendapatkan kue ini. Sebenarnya, harga jual tersebut menyesuaikan lokasi penjual. Kalau kamu belinya di kafe, sudah pasti akan mahal.

Lidi-lidian

Siapa yang pernah dilarang buat jajan lidi-lidian karena dikirain ibu kamu itu adalah mi mentah yang diberikan bumbu? Lidi-lidian bukan mi mentah, melainkan lebih mirip dengan adonan mi yang digoreng hingga garing. Jajanan ini terasa gurih, renyah, dan ada juga varian yang rasa pedasnya. Meskipun terlihat sederhana, sampai saat ini masih banyak yang menyukai dan mengonsumsinya.

Saat ini harga lidi-lidian juga sudah cukup tinggi, lho! Kamu harus mengeluarkan duit minimal Rp2.000 untuk mendapatkan porsi mi lidi-lidian yang banyak. Padahal, kalau dulu harganya cuma Rp500 dan kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi lidi-lidian yang bejibun.

Tahu gejrot

Dulu, kalau bisa makan tahu gejrot di mangkok kayu atau tanah liat abangnya dengan garpu kecil bergagang kuning dianggap sebagai anak orang kaya karena harga satu porsi di piring tersebut lumayan mahal, sekitar Rp5.000. Sekarang, jajanan ini masih eksis dan banyak yang jual. Soal harga gak usah ditanya, satu porsinya saat ini dibanderol sekitar Rp10.000.

Telur gulung

Kayaknya ini salah satu jajanan jadul yang paling sering dicari-cari karena tidak semua orang bisa membuatnya dengan lezat. Dulu satu tangkai telur gulung hanya dibanderol sekitar Rp500—Rp1.000, sekarang untuk satu tangkainya dibanderol sekitar Rp2.000. Biasanya, pedagang akan menyediakan bakso, otak-otak, atau isian lain yang akan dibalut oleh lapisan telur gulung.

Cilok

Aci dicolok merupakan jajanan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Kamu sadar kan kalau jajanan ini sudah ada sejak kecil dan bentuk serta rasanya tidak pernah berubah. Hanya saja ada beberapa produk cilok yang dimodifikasi dengan aneka isi dan rasa. Kalau dulu satu butir cilok harganya sekitar Rp100, kini satu cilok harganya sekitar Rp1.000.

 

 

penyebab ghosting

Penyebab Seseorang Menjadi Ghosting di Sebuah Hubungan

purging dan breakout

Yakin Masih Mau Memencet Jerawat?