in

Jajanan Khas Jawa Barat yang Wajib Kamu Coba

Sudah pernah coba semuanya

jajanan khas jawa barat
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id— Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda. Masyarakat Sunda sangat senang makan dengan cara duduk lesehan, berkumpul di gubuk sawah, dan mengonsumsi daun-daun muda yang baru dipetik dari sawah sebagai lalapan. Makanya, kamu dapat menjumpai aneka lalapan pada warung sunda. Tak hanya makanan utamanya, jajanan khas Jawa Barat juga punya kesan tersendiri.

Jajanan khas Jawa Barat umumnya menggunakan campuran berbagai rempah, oncom, gula kelapa, serta gula pasir. Nah, buat kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Jawa Barat, coba masukin beberapa daftar jajanan di bawah ini untuk dicicipi, ya! Jangan sampai menyesal karena tidak sempat mencicipinya.

Bubur candil

Mungkin kamu lebih mengenal menu ini dengan sebutan kolak biji salak karena cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan hampir sama. Bubur candil terbuat dari ubi jalar merah yang dikukus, lalu dihaluskan. Setelah itu, ubi tersebut dibentuk menjadi bulat-bulat, lalu direbus kembali.

Rasanya lezat, manis dan gurih candil dari ubi berpadu dengan gurihnya kuah santan, serta manisnya siraman gula merah.

Comro

Comro terbuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa, lalu diuleni dengan tepung sagu atau kanji menjadi adonan berbentuk oval. Di dalam comro terdapat isian seperti oncom dan campuran berbagai rempah. Bagian kulit oncom yang tebal, empuk, dan terasa gurih berpadu dengan isian comro yang pedas dan kaya akan cita rasa membuat kudapan ini sangat disukai oleh masyarakat Sunda.

Kalau kurang pedas, kamu juga bisa mengonsumsinya bersama cabai rawit, lho!

Bajigur

Kalau kamu sedang butuh yang hangat-hangat, bajigur dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Bajigur terbuat dari campuran berbagai rempah dan santan kelapa. Terkadang, ada menu bajigur yang disajikan bersama daging kelapa. Menu ini sangat terkenal di Jawa Barat, bahkan dahulu sering dijual oleh pedagang rebusan dengan bentuk panci yang sangat khas.

 

 

sampah

PLTSa, Ubah Sampah Jadi Bahan Baku Pembangkit Listrik

billboard times square

Wajah Musisi Indonesia yang Pernah Terpampang di Times Square New York