in ,

Jajanan Lokal Bali, Wajib Coba Saat Kunjungi Pulau Dewata

Jangan ke Bali tanpa cicipi jajanan lokal ini

jajanan lokal Bali
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Selain surga wisata alam dan budaya, Bali juga menjadi destinasi wisata kuliner yang tak kalah memesona. Aneka kuliner khas Bali memanjakan perut dan lidahmu dengan kelezatannya. Berikut ini jajanan lokal Bali yang bisa kamu temukan dengan mudah di Pulau Dewata.

Nasi jinggo

Nasi jinggo merupakan hidangan yang disajikan dalam porsi yang tidak besar. Kuliner khas Bali ini terdiri atas nasi putih berukuran sekepalan dengan lauk, sayuran, dan sambal. Lauk yang disajikan biasanya adalah sambal goreng tempe, serundeng, dan ayam suwir. Nasi jinggo disajikan dalam pincuk daun pisang berukuran kecil.

Dinamakan nasi jinggo karena dalam bahasa Hokkien, jinggo berarti ‘seribu lima ratus’. Kini, harganya sudah mulai beragam. Kamu bisa menemukannya di pedagang kaki lima di pinggiran jalanan di Bali.

Sate lilit

Siapa tak kenal dengan sate unik yang satu ini? Sate ini berbeda dengan jenis sate lainnya karena bukan terbuat dari daging saja. Biasanya, sate lilit terbuat dari daging ikan yang ‘dililit’ dengan campuran bumbu berupa santan, perasan lemon, bawang merah, dan cabai.

Kamu bisa menemukan jajanan lokal Bali ini dijajakan di pinggir jalan. Namun, karena sangat kental dengan nuansa Bali, hidangan ini juga sudah banyak diadaptasi oleh restoran dan rumah makan ternama sebagai menu andalan mereka.

Jaje laklak

Manis dan legit adalah dua kata yang tepat untuk menggambarkan jajanan lokal Bali bernama jaje laklak. Warna hijau yang dijumpai pada jaje laklak ini berasal dari pewarna tradisional yakni daun suji dan daun pandan.

Sekilas, laklak tampak seperti serabi dalam ukuran yang lebih kecil, yakni kurang lebih berdiameter 3 cm. Kue mungil ini sering dijadikan teman minum kopi atau disantap saat tidak sempat sarapan.

Jaja Bali

Kuliner khas Bali berikutnya yang tak kalah istimewa adalah jaja bali. Camilan ini juga bisa ditemukan dengan mudah, baik di pasar maupun pedagang kaki lima.

Jaja bali terdiri atas beberapa kue tradisional. Ada yang berbentuk seperti surabi kecil yakni jaje laklak, ada yang mirip dengan cenil Jawa yakni bertekstur kenyal, ada ketan kukus, ada lukis atau lupis, dan lainnya yang dipadukan dengan saus gula jawa dan parutan kelapa.

Pisang rai

Terakhir, kamu juga bisa menjumpai jajanan lokal Bali yakni pisang rai yang terbuat dari pisang rebus. Sebelum direbus, pisang ini dibalut dengan tepung beras. Penyajiannya bisa ditambahkan dengan gula merah agar lebih legit.

Kehilangan nafsu makan

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan, Harus Tetap Jaga Kesehatan!

Travelling backpacker

Tips Travelling untuk Backpacker, Bahagia Lewat Cara Sederhana