in

Jakarta Terapkan Larangan Kantong Plastik, Jangan Lupa Bawa Kantong Belanja!

siapkan kantong belanja sendiri ya!

larangan kantong plastik
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini pembatasan penggunaan kantong plastik sudah dilakukan dengan serius oleh beberapa supermarket besar setelah percobaan kantong plastik berbayar yang kurang ampuh. Kini, kamu yang ingin berbelanja harus membawa kantong belanja sendiri. Jika tidak, kamu harus membeli kantong belanja yang sudah disediakan. Langkah selanjutnya yang sedang dilakukan adalah larangan kantong plastik yang sudah diterapkan di Jakarta.

Tepat pada Rabu, 1 Juli 2020, larangan kantong plastik di Jakarta sudah diterapkan secara efektif pada pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat. Pengunjung harus membawa kantong belanja ramah lingkungan.

Sehubungan dengan dikeluarkannya larangan tersebut, penggunaan kantong plastik sekali pakai juga dilarang. Aturan tersebut terdapat di dalam Pergub Nomor 142 tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Sebenarnya, aturan yang sudah dilakukan secara efektif ini sudah diwacanakan sejak 2018, lho! Kamu tahu tidak alasannya mengapa dikeluarkannya kebijakan ini? Ya! Karena volume sampah kantong plastik di Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Dari total keseluruhan jumlah sampah plastik, satu persen di antaranya sampah kantong plastik yang totalnya bisa mencapai 980—1.100 ton per hari.

Meskipun terlihat sepele, hanya selembar kantong plastik. Namun, jika yang menggunakannya seribu orang akan ada 1.000 sampah kantong plastik yang menggunung di tempat pembuangan. Itu baru satu hari, bagaimana dalam seminggu, sebulan, atau bahkan dalam setahun?!

Oleh karena itu, permasalahan ini tidak bisa dianggap kecil meskipun kantong plastiknya terlihat kecil.

Kebijakan ini sempat mengalami penundaan, seperti agenda pembahasan draft aturan yang berkali-kali diundur. Hingga akhirnya Pergub tersebut keluar pada 31 Desember 2019 dan diterapkan secara efektif pada 1 Juli 2020.

Lalu, apa langkah tegas dari pemerintah untuk mengatasi penjual yang masih bandel menyediakan kantong plastik sekali pakai? Sanksi yang diberikan ada beberapa tahapan. Pertama, para pelanggar akan diberikan teguran sebanyak 3 kali, yakni teguran pertama diberikan selama 14×24 jam. Jika masih membandel, akan diberikan teguran kedua yang berlaku selama 7×24 jam. Dan teguran terakhir berlaku selama 3×24 jam.

Jika setelah diberikan teguran masih saja membandel, para pelanggar akan diberikan sanksi berupa denda sebesar Rp5 juta. Denda tersebut akan dinaikkan paksa jika masih saja membandel, yaitu hingga Rp25 Juta. Jika sanksi tersebut masih belum membuat jera, sanksi terakhir yang diberikan adalah pembekuan izin usaha.

manfaat berkebun

Manfaat Berkebun untuk Anak-anak

sepeda termahal

Harga Sepeda Termahal di Dunia