in

Jalan-jalan ke Gunung Merapi, Ini Spot Wisata Uniknya

Ke Merapi nggak harus mendaki

wisata di Gunung Merapi
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Suka jalan-jalan ke gunung tapi males karena lelah? Kalau gitu, kamu wajib banget untuk mencoba spot wisata di Gunung Merapi yang nggak kalah unik ini. Tenang, kamu nggak perlu mendaki gunung berketinggian 2.930 mdpl ini, kok.

Gunung Merapi terletak di perbatasan dua provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Keberadaannya membawa kesuburan pada tanah di sekitarnya. Tak hanya itu, suasana yang asri dan sejuk pun bisa kamu temukan bila berkunjung ke kaki dan lereng gunung ini. Sudah pernah berwisata ke sini?

Ketep Pass

Terletak di Bukit Sawangan, ketinggian Ketep Pass ini mencapai 1.200 mdpl, lho. Jadi, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi ini dengan puas dari lokasi yang sangat dekat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan kegagahan Gunung Merbabu yang terletak tidak jauh dari Gunung Merapi.

Kamu bisa bersantai di gazebo yang disediakan oleh pengurus wisata Ketep Pass ini. Cukup dengan membayar Rp12.000 saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di Ketep Pass.

Bunker Kaliadem

Jika kamu mengetahui sejarah letusan Gunung Merapi yang terjadi pada 2006 silam, tentu kamu tidak asing dengan nama Bunker Kaliadem ini. Bunker sendiri adalah sebuah bangunan yang didirikan sebagai tempat pengungsian darurat bila gunung api sewaktu-waktu meletus. Di sini, kamu bisa berwisata lava tour yang akan membawamu berkeliling daerah setempat.

Kedung Kayang

Kedung Kayang merupakan nama air terjun yang terletak di kaki Gunung Merapi. Lokasi ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Gunung Merapi yang banyak disinggahi oleh pengunjung. Di sini, kamu bisa melihat keindahan alam dari gardu pandang yang ada.

Biaya masuk wisata Air Terjun Kedung Kayang ini hanya Rp4.000, lho. Sangat murah bukan untuk berwisata dengan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bisa mendatangi tempat yang berada di daerah Sawangan, Magelang, Jawa Tengah ini.

Kalikuning Park

Terakhir, kamu bisa menyambangi Kalikuning Park jika ingin wisata di Gunung Merapi tanpa perlu mendaki. Lokasi wisata ini sudah dua tahun dibuka sejak 2017 dan hingga kini masih terbuka lebar jika kamu ingin merasakan rindangnya bertamasya di bawah beragam pohon. Biaya masuk Kalikuning Park sangat murah, lho, cukup dengan Rp10.000 per orang.

Olahraga perut

Trik Musnahkan Lemak, Autodatar dengan Olahraga Perut!

jam biologis

Jam Biologis Terganggu? Kembalikan dengan Atur Waktu Tidur