in ,

Jalan-jalan ke Kota Pahlawan, Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Surabaya Ini

Sudah puas berkeliling, waktunya nyari yang bisa dicangking

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: instagram alvajoe89

Ngobrolin.id — Jalan-jalan ke kota pahlawan akan kurang tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Surabaya. Terkenal dengan kulinernya yang menendang lidah, yuk simak beragam jenis panganan yang bisa kamu jadikan buah tangan.

Sambel Bu Rudy

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: moodbellyid

Suka pedas? Menu oleh-oleh legendaris dari Surabaya ini tak boleh dilewatkan. Sambel Bu Rudy menjadi buah tangan yang wajib dibawa dari kota pahlawan ini. Harganya pun tidak mahal, mulai dari Rp25ribu per kemasannya.

Sambal yang dijual pun beragam. Ada sambal bawang, sambal bajak, hingga sambal udang. Nggak cuma pedas, rasa sambal yang satu ini juga nagih. Bakal terasa kurang kalau cuma bawa satu botol saja!

Siropen Telasih

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: instagram alvajoe89

Sudah ada sebelum Indonesia merdeka, Siropen Telasih awalnya dikelola oleh perusahaan milik Belanda. Sirup yang satu ini pun tersedia dalam berbagai rasa. Ada jeruk, vanili, frambozen, mawar, coco pandan, karamel, dan sebagainya. Harganya pun terjangkau, yakni berkisar Rp25ribu per botolnya.

Abon Sapi Podmosusastro

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: instagram sahabat_piknik

Sebagai teman nasi hangat yang nikmat, abon sapi Podmosusastro punya ciri khas tersendiri. Memiliki rasa yang lezat dan sudah terkenal menjadi buah tangan khas Surabaya, abon ini wajib banget kamu coba.

Abon sapi Podmosusastro tersedia dalam dua pilihan rasa, yakni pedas dan manis. Harga abon ini pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp47.500 per kilogram. Kalau kamu pencinta olahan sapi yang bisa dimakan kapan saja, wajib banget mencoba abon ini!

Kue bikang peneleh

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: instagram jajanan_surabaya

Kue bikang merupakan salah satu jajanan khas Surabaya yang bisa ditemui di pelosok kota pahlawan. Salah satu yang paling terkenal adalah kue bikang peneleh. Terletak di Jalan Peneleh, kamu bisa menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

Terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, kue ini memiliki cita rasa manis dan legit. Kue bikang bertekstur empuk dan lembut dengan bagian bawahnya garing dan gurih. Kue ini dihargai mulai dari Rp7.000 per buah.

Kue lapis Surabaya

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: instagram resep_kue

Kue yang terdiri atas dua lapis ini sudah jadi oleh-oleh khas Surabaya sejak lama. Salah satu yang paling terkenal bisa kamu temui di Jalan Rungkut Madya Nomor 41. Nama asli dari panganan ini adalah spikoe atau dalam pelafalan bahasa Indonesia, spiku. Kue ini kerap dijuluki lapis legit khas Surabaya. Beragam rasa kue lapis Surabaya bisa kamu temui. Mulai dari original, dengan kismis, dan sebagainya.

Kerupuk ikan Kenjeran

oleh-oleh khas Surabaya
Foto: instagram kerupukkenjeran

Kerupuk ikan yang diproduksi di Kenjeran ini sering digunakan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Anda bisa mendapatkan makanan yang satu ini jika berkunjung ke daerah Kenjeran yang dekat dengan bibir pantai. Di sini, kamu juga bisa menyambangi Pantai Kenjeran sambil berwisata di sore hari.

Walaupun terkenal akan kerupuk ikannya, di sini kamu juga bisa menemukan beragam jenis kerupuk lain. Mulai dari kerupuk cumi, kerupuk kerang, hingga kerupuk rumput laut yang unik. Rasanya yang enak dan gurih dibanderol mulai Rp15ribu hingga Rp300ribu per kilogram.

idol grup Korea terkaya

Ini Deretan Idol Grup Korea dengan Harta Berlimpah

rahasia agar anak menjadi penurut

Rahasia Agar Anak Menjadi Penurut