in

Jam Biologis Terganggu? Kembalikan dengan Atur Waktu Tidur

Tidur yang cukup, baik kuantitas maupun kualitas dapat mengembalikan jam biologis tubuh

jam biologis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tahukah kamu bahwa tubuh manusia memiliki jam biologis tersendiri? Jam biologis ini memungkinkan kamu beraktivitas sehari-hari secara teratur. Istilah lain dari jam biologis ini adalah circadian clock atau ritme sirkadian.

Jam biologis ini sangat dipengaruhi oleh pelepasan hormon, siklus tidur, suhu tubuh, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu pun bisa beraktivitas dengan teratur. Namun, siklus ini bisa saja terganggu karena beberapa faktor, misalnya tidak teraturnya waktu tidurmu. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Mengembalikan jam biologis dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Namun, kamu harus konsisten melakukannya. Lambat laun, jam biologismu juga akan kembali seperti semula. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Langkah pertama adalah dengan memperbaiki waktu tidur malammu. Manusia dewasa membutuhkan waktu tidur 7—9 jam dalam sehari. Agar tidak terlalu malam, usahakan untuk tidur lebih awal. Mulailah dengan tidur 15 menit lebih awal dari biasanya.

Tidur siang dalam waktu singkat memang baik bagi tubuh dan psikis manusia. Namun, tidur siang yang terlalu lama dapat mengubah jam biologis juga, lho. Karena terlalu lama tidur di siang hari, kamu pun akan kesulitan tidur cepat di malam hari. Usahakan untuk mengurangi waktu tidur di siang hari.

Sudah memiliki jadwal tidur yang tepat? Kalau begitu, sekarang saatnya kamu melanjutkan jadwal tidur yang sudah kamu buat. Jangan cheating, ya! Jika kamu melanggar waktu tidur ini sekali saja, kamu akan mudah mengulanginya lagi dan kamu harus memulai dari awal.

Langkah lain yang perlu kamu ingat dalam mengatur waktu tidur yang baik adalah dengan menghindari konsumsi makanan apa pun saat sudah malam. Mengonsumsi makanan di malam hari tidak dianjurkan karena dapat membuat suhu badanmu memanas. Kamu pun akan lebih sulit tertidur.

Di sisi lain, jangan pula lakukan olahraga yang berlebihan di malam hari. Alih-alih lelah dan mengantuk, olahraga justru membuat badanmu sulit tertidur. Sebaiknya, lakukan olahraga di pagi hari agar lebih maksimal.

Mengembalikan jam biologis juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi melatonin. Suplemen ini bisa kamu minta ke dokter bila kamu benar-benar kesulitan untuk tidur. Hanya saja, ada beberapa akibat yang harus ditanggung jika kamu mengonsumsi melatonin. Efek sampingnya berupa sakit kepala, pusing, kram otot, dan lain-lain.

Terakhir, kamu bisa membantu tubuhmu untuk tertidur dengan mood yang baik. Buat cahaya remang-remang di ruangan tidurmu dan nyalakan musik yang tenang.

wisata di Gunung Merapi

Jalan-jalan ke Gunung Merapi, Ini Spot Wisata Uniknya

penyakit ginjal

Kebiasaan Kecil tapi Berbahaya, Hindari Ini agar Ginjalmu Tetap Prima