in , ,

Jamur Enoki, Jamur Favorit yang Kini Sudah Ditarik Peredarannya

jamur enoki yang digemari pecinta kuliner kini harus ditarik peredarannya

jamu enoki
foto: unsplash

Ngobrolin.id

Belakangan ini timbul berita mengejutkan mengenai jamur enoki yang dianggap berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Kasus bakteri listeria pada jamur enoki ini dilaporkan sudah terjadi di Amerika Serikat. Berita ini tentunya mengejutkan dunia karena saat ini semua negara masih berjuang atau melawan wabah Covid-19. Di Indonesia sendiri, jamur enoki punya banyak penggemar, terutama bagi mereka yang suka dengan masakan ala Korea dan Jepang.

Listeria adalah bakteri yang bisa menimbulkan infeksi serius dalam tubuh manusia, terutama bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Peristiwa yang sudah terjadi di Amerika Serikat tersebut langsung ditanggapi oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah langsung bergerak cepat untuk menarik peredaran jamur ini dari pasaran.

Bakteri Listeria monocytogenes dapat ditemukan pada daging yang tidak dimasak dengan benar, susu yang tidak dipasteurisasi, dan kini bakteri tersebut ditemukan pada jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan Sun Hong Foods dan Green Co. Ltd asal Korea Selatan.

Bakteri ini sangat berbahaya bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, bayi, ibu hamil, dan lansia. Efek yang ditimbulkan bisa sangat fatal. Seseorang yang sudah terinfeksi akan memiliki gejala demam, nyeri otot dan sendi, pusing, serta diare. Gejala tersebut baru muncul setelah 30 hari mengonsumsi jamur tersebut.

Bakteri yang sudah menyerang bagian sistem saraf akan menyebabkan nyeri kepala, kaku pada leher, pusing, dan kehilangan keseimbangan. Pada sebagian orang, bakteri ini dapat menyebabkan kejang-kejang.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini masih bisa disembuhkan. Penanganannya bergantung pada tingkat keparahan gejala yang timbul. Biasanya, pasien akan mendapatkan perawatan sesuai gejala yang muncul.

Bakteri ini bisa menyebar atau menular antarmanusia melalui hubungan seksual atau ditularkan dari ibu yang sedang mengandung janinnya.

Jamur enoki yang beredar di Indonesia rata-rata impor atau berasal dari luar negeri. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, menjelaskan dari hasil pengujian dan investigasi membuktikan bakteri listeria yang terdapat pada jamur enoki impor yang beredar di Indonesia sudah melebih ambang batas aman.

Untuk mencegah penyebaran menjadi luas, Kementan langsung menarik peredaran jamur ini dan memusnahkannya agar bakteri tersebut tidak berpindah ke bahan pangan lainnya.

 

 

billie eilish unfollow

Billie Elish Unfollow Semua Akun di Instagram, Ada Apa Ya?

gejala infeksi bakteri listeria

Kenali Gejala Infeksi Bakteri Listeria dan Cara Mencegahnya