in

Jamur Menarik Ini Ternyata Beracun

Jangan sembarang mengonsumsinya ya

jenis jamur beracun
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu pencinta olahan jamur? Ternyata, tidak semua jamur bisa dimakan, lho. Ada beberapa jenis jamur beracun yang sebaiknya kamu waspadai. Malahan, ada jamur yang berbentuk menarik dan memikat mata, lho. Padahal, jika terkonsumsi, jamur ini dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan.

Amanita phalloides

Penampakannya mirip dengan jamur yang biasa dikonsumsi di Asia membuat banyak orang terkecoh dengan penampilannya. Amanita phalloides ditemukan tumbuh pada pohon ek. Biasanya, keracunan oleh jamur ini terjadi karena orang tak sengaja mengonsumsinya saat berada di tengah hutan.

Dalam bahasa Inggris, jamur ini dikenal dengan istilah death cap. Kandungan pada jamur yang menyebabkannya berbahaya adalah senyawa bernama amatoxin. Jika tertelan, senyawa ini bisa membuat kerusakan permanen pada hati dan ginjal.

Amanita virosa

Masih satu genus dengan Amanita phalloides, Amanita virosa tak kalah beracun. Bahkan, di Eropa jamur ini mendapat julukan ‘the destroying angel’ alias ‘malaikat penghancur’. Julukan ini disematkan karena jamur ini mengandung amatoxin dalam dosis yang mematikan.

Jamur ini biasa tumbuh di hutan pada tanah berlumut pada musim hujan dan musim gugur. Jika termakan, jamur ini bisa menimbulkan kram, kejang, muntah, hingga diare. Jamur Amanita virosa dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati saat itu juga.

Podostroma cornu-damae

Jamur ini berwarna merah menyala dan sangat cantik. Bentuk dan warnanya akan mengingatkan kita pada cabai merah yang masih segar, hanya saja tumbuh langsung dari dalam tanah. Sayangnya, kecantikannya bisa mematikan manusia yang mengonsumsinya.

Racun utama pada jamur ini adalah trikotoksik trichothecene yang sangat mematikan. Zat ini menyerang berbagai jaringan tubuh. Risiko yang dialami mulai dari penipisan sel darah, pengelupasan kulit wajah, hingga rambut rontok. Gejala ini mirip dengan keracunan radiasi.

Pleurocybella porrigens

Memiliki nama yang sangat indah, Pleurocybella porrigens dijuluki sebagai jamur sayap malaikat. Julukan itu sangat masuk akal karena penampakan jamur ini yang sangat indah. Warnanya putih dan bentuknya melebar seperti sayap malaikat.

Sayangnya, jamur ini pernah dilaporkan menyebabkan pengonsumsinya jatuh sakit. Senyawa berbahaya dalam jamur ini yang patut diwaspadai adalah kadar sianida yang cukup tinggi. Sianida sendiri merupakan senyawa berbahaya yang bisa menyebabkan kematian.

 

asinan betawi dan asinan bogor

Asinan Betawi vs Asinan Bogor, Ini Bedanya

jenis sepeda

Sepeda Bukan Sembarang Sepeda, Ini Jenisnya