in

Jangan Asal Gosok, Ini Trik Menyikat Gigi yang Benar

Trik menyikat gigi
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Trik menyikat gigi ternyata tidak diterapkan banyak orang, lho. Akibatnya walaupun sudah rutin menggosok gigi, berbagai masalah gigi dan mulut masih sering menghampiri. Sebenarnya, bagaimana sih trik menyikat gigi yang benar?

Pertama, konsentrasikan menyikat gigi tidak hanya di area depan. Daerah bagian belakang dan bagian dalam juga perlu kamu perhatikan. Begitu juga jika kamu punya area tambalan.

Genggam sikat gigi dengan kemiringan mendekati 45 derajat melawan gusi. Jangan menempelkan sikat gigi langsung pada gusi.

Sikat gigimu dengan gerakan sapuan pendek-pendek dan memutar seperti menyapu dalam lingkaran kecil. Trik berikutnya adalah hindari daerah gusi terutama pada seluruh bagian permukaan gigi depan.

Melakukan teknik ini dapat membantu sikat untuk mengeluarkan plak yang bersembunyi di balik batas gusi. Usahakan membersihkan barisan gigi atas terlebih dahulu. Kemudian, bergerak ke bagian bawah sambil tetap menjaga kemiringan sikat dan jarak dari gusi.

Membersihkan barisan gigi bagian samping juga bisa dilakukan dengan teknik yang sama. Trik berikutnya adalah memulai gosok gigi dari atas kemudian bawah. Gerakan dari ujung terdalam menuju ujung terluar.

Sikat permukaan gigi dengan gerakan menyapu dari ujung dalam ke ujung luar. Lakukan trik menyikat dahulu bagian atas dalam, kemudian sikat gigi bagian bawah.

Membersihkan sisi dalam barisan gigi depan dapat dilakukan dengan cara ini. Posisikan bulu sikat secara vertikal. Sikat dengan gerakan melingkar kecil. Posisikan bagian ujung kepala sikat untuk membersihkan bagian tersebut.

Terakhir, kamu juga bisa sikat lidah kamu untuk mengikis plak yang ada di permukaan lidah. Menyikat lidah juga bisa bikin napas kamu lebih segar, lho.

Nggak hanya teknik menyikat gigi yang harus benar, tapi juga jenis dan bentuk bulu sikat juga penting. Selain itu, durasi menyikat gigi juga jadi salah satu faktor penentu kebersihan gigimu.

Menyikat gigi tkurang lama ataupun terlalu lama jadi masalah tersendiri. Setidaknya, lakukan gosok gigi selama dua sampai tiga menit. Nggak perlu terlalu tepat, tapi waktu tersebut merupakan acuan yang bisa digunakan.

Jadi, sudahkah kamu menggosok gigimu hari ini?

minuman tradisional berbahan jahe

Wow! 13 Minuman Tradisional ini Berbahan Jahe Lho

Honda Jazz terbaru

Honda Jazz Baru Siap Meluncur Tahun Ini