in

Jangan Bawa Pulang Kerjaan!

Banyak negatifnya, lho!

dampak negatif kerja
Foto: instagram freepik

Ngobrolin.id —  Peraturan perusahaan menyatakan bahwa kamu boleh melakukan lembur. Namun, terlalu banyak lembur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Membawa pulang pekerjaan pun bukan solusi. Ada banyak dampak negatif yang bisa terjadi kalau kamu nekat membawa pulang pekerjaan kantormu ke rumah.

Pertama, mengurangi waktu istirahat. Membawa pulang berarti akan mengurangi porsi istirahatmu. Kamu yang seharusnya bisa beristirahat selama delapan jam berkurang karena melakukan tugas kantor di rumah.

Selain itu, waktu untuk beristirahat santai seperti meminum kopi, menonton televisi, dan menikmati makan malam pun menjadi terganggu. Kamu tidak lagi bisa menikmati waktu bersantai dengan tenang karena kerjaan menunggumu untuk segera dikerjakan.

Selain waktu istirahat dengan diri sendiri, waktumu bersama keluarga pun akan berkurang. Kamu tidak lagi memiliki waktu untuk bercengkerama dengan orang tua atau adik yang membutuhkan bantuanmu menyelesaikan PR-nya. Semua karena kamu fokus dengan pekerjaanmu yang kamu bawa pulang.

Kerugian kedua membawa pulang pekerjaan kantor adalah kamu harus mengeluarkan biaya berlebih. Walaupun biaya ini jumlahnya tidak besar, tetap saja harus kamu keluarkan jika mengerjakan tugas kantor di rumah.

Mulai dari listrik, biaya internet, biaya cetak jika tugas yang kamu kerjakan butuh untuk dicetak, hingga biaya konsumsi tambahan. Biasanya, orang akan cenderung mengerjakan tugas ini di malam hari. Jadi, pengeluaran lain seperti membeli camilan dan kopi pun akan meningkat.

Terakhir, kamu pun akan mengorbankan kesehatanmu jika membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. Begadang atau melembur hingga kekurangan waktu tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lho. Beragam penyakit akan mengintai bila kamu mengenyampingkan waktu tidur ini.

Mulai dari penyakit ringan seperti demam dan flu, hingga diabetes melitus tipe 2 bisa mengancam kesehatanmu. Kamu boleh begadang, kok, hanya saja terlalu sering begadang akan membuatmu mendapat banyak gangguan kesehatan. Nggak mau kan kerja kerasmu di masa muda tergantikan sakit-sakitan di masa tua?

Solusinya, tentu dengan jangan membawa pulang tugas kantor ke rumah jika tidak dengan sangat terpaksa. Lakukan seluruh tugas tersebut di kantor pada waktu yang sudah ditetapkan. Gunakan waktumu di rumah untuk menyeimbangkan work-life balance.

kuliner khas kemerdekaan

Hidangan Merah Putih, Kuliner Khas Kemerdekaan

mencegah penyakit gagal ginjal

Pola Makan ini Bisa Bantu Cegah Gagal Ginjal