in ,

Jangan Berlebihan, Ini Dampak Olahraga yang Terlalu Keras

yuk, istirahat sebentar agar badan tetap bugar

olahraga secara berlebihan
foto: freepik

Ngobrolin.id — Tujuan berolahraga adalah mendapatkan tubuh bugar dan fisik yang kuat. Beberapa orang rela melakukan olahraga secara berlebihan agar mencapai hasil yang lebih cepat. Namun, olahraga secara berlebihan ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Dilansir dari tempo.co, Pakar Ilmu Fisiologi Olahraga yang juga peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Jajat Darajat Kusumah Negara, Sp. Pd, M.Kes AIFO, mengungkapkan bahwa olahraga yang terlalu diforsir bisa membentuk radikal bebas dalam tubuh.

Dokter tersebut juga menambahkan bahwa olahraga yang berlebihan bisa meningkatkan kadar malondialdehyde atau MDA yang berkaitan dengan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakit.

Tidak ada batasan olahraga yang dimaksud. Namun, olahraga apa pun jika dilakukan secara terus-menerus bisa menyebabkan tubuh memproduksi radikal bebas. Jenis olahraga ini berlaku untuk olahraga kardio seperti lompat tali, renang, berlari, dan zumba. Olahraga beban juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena menimbulkan dampak yang sama.

Namun, radikal bebas yang dihasilkan tubuh sendiri tersebut masih bisa diatasi oleh tubuh. Manusia memiliki kemampuan mengeliminasi kadar radikal bebas selepas berolahraga. Namun, kondisi mengeliminasi ini berbeda-beda setiap orangnya. Riwayat kesehatan dan genetik berpengaruh terhadap kondisi kesehatan masing-masing individu.

Bagaimana radikal bebas bisa dibentuk oleh tubuh? Saat melakukan aktivitas, tubuh akan membakar kalori dengan menggunakan oksigen. Saat aktivitas yang dilakukan terlalu berlebihan, tubuh bisa mengalami defisit oksigen.

Oksigen pun tereduksi dengan cara kehilangan elektron-elektronnya dan terpasang tidak pada tempatnya. Akibatnya, oksigen tersebut menjadi zat radikal bebas dalam tubuh. Jika hal ini terjadi terus-menerus, bukan berarti kandungan radikal bebas dalam tubuh menjadi tinggi.

Cara mengembalikan kembali oksigen tersebut menjadi bukan radikal bebas adalah dengan beristirahat. Intensitas olahraga yang tidak terkendali justru tidak dianjurkan dengan alasan ini. Pemulihan diperlukan agar tubuh memiliki kesempatan mengeliminasi kadar radikal bebas.

Cara lain yang sangat dianjurkan adalah memulai aktivitas olahraga dengan kegiatan ringan terlebih dahulu. Aktivitas ringan ini kemudian ditingkatkan menjadi ke intensitas yang lebih berat, sesuai kemampuan tubuh masing-masing.

oleh-oleh khas Yogya

10 Oleh-oleh Khas Yogya yang Nggak Boleh Terlupa

burung asli Indonesia

Burung Ini Hanya Ada di Indonesia