in

Jangan Dibuang, Kulit dan Kepala Udang Bisa Diolah Jadi Kaldu, Lho!

Kaldu udang yang bisa membuat makanan lezat

kaldu udang
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Udang sering dikonsumsi dalam keadaan sudah terkupas dari kulit dan kepalanya atau disajikan bersamaan dengan kulit. Bagian kulit dan kepala udang memang sering terbuang begitu saja karena dianggap tidak bermanfaat. Tapi, tahukah kamu, bagian kulit dan kepala udang bisa dibuat menjadi kaldu udang yang gurih.

Kaldu udang dari sisa kulit dan kepala udang bisa kamu gunakan untuk membuat sup ikan atau makanan berkuah lainnya menjadi lebih sedap dan gurih. Namun, kamu perlu mengetahui cara mengolah sisa bagian udang tersebut agar kaldu yang dihasilkan gurih dan tidak bau amis. Berikut ini cara mengolah kaldu dari sisa kulit dan kepala udang yang bisa kamu ikuti di rumah.

  1. Gunakan kulit dan kepala yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Panaskan wajan antilengket untuk menyangrai kulit dan kepala udang hingga kering dan berwarna agak kemerahan.
  3. Masukkan kulit dan kepala yang sudah disangrai ke air mendidih dengan api kecil.
  4. Setelah kuah rebusan menjadi agak keruh, angkat kulit dan kepala, kemudian saring.

Jika kaldu dengan cara tersebut mengeluarkan bau amis yang kurang sedap, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

  1. Kulit dan kepala yang sudah disangrai, kemudian direbus hingga mendidih dengan api kecil.
  2. Setelah air mendidih, tambahkan satu ruas jahe yang sudah digeprek, kemudian rebus kembali hingga airnya agak menyusut dan warna kuahnya berubah kecokelatan.
  3. Angkat dan saring.

Kamu juga bisa menggunakan air matang yang sudah dingin. Caranya cukup sederhana, masukkan kulit dan kepala yang sudah disangrai ke air matang yang sudah dingin, kemudian tutup rapat wadah dan diamkan selama 5 jam. Setelah itu, saring dan air kaldu tersebut sudah bisa digunakan untuk berbagai kuah aneka masakan yang dipadukan dengan bumbu masakan lainnnya.

Jangan pernah menggunakan kulit dan kepala udang yang sudah mengeluarkan bau karena menjadi pertanda bagian tersebut sudah tidak segar.

 

aruna dan lihdanya

Aruna dan Lidahnya, Film Kuliner dengan Bumbu Komedi

maskot PON XX

Kenal Lebih Dekat dengan Maskot PON XX