in

Jangan Ditahan! Kentut Baik Kok Bagi Kesehatan

kentut baik bagi kesehatan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Seringkali kita menganggap kentut adalah aktivitas yang tabu. Orang akan cenderung menahan agar tidak malu. Malu tersebut bisa karena aroma yang kurang sedap atau suara yang terlalu keras. Eits, tapi sebenarnya kentut baik bagi kesehatan lho.

Salah satu akibatnya jika kita menahan kentut adalah menderita divertikulitis. Divertikulisis adalah radang atau infeksi yang terjadi pada divertikula. Apakah divertikula itu? Dia adalah kantung-kantung yang terdapat di sepanjang saluran pencernaan. Kebanyakan divertikula akan terdapat di dinding usus besar alias kolon.

Beberapa gejala yang biasa terjadi jika seseorang mengalami divertikulosis sebagai berikut. Pertama, ia akan mudah merasakan nyeri berkelanjutan pada sisi kiri bawah perut. Hal ini akan terjadi berulang saat atau setelah mengonsumsi makanan.

Kedua, penderita akan sering mengalami mual dan muntah. Perasaan ini tentu nggak enak banget, ya. Ketiga, penderita akan merasakan demam yang tinggi. Suhu tubuh akan naik sampai titik tertentu.

Penderita juga akan mengalami diare atau sembelit. Dua gejala yang berbeda ini bisa dialami sekaligus, lho. Dan yang paling parah, penderita dapat buang air besar dengan feses berdarah. Duh, serem banget, ya!

Pemeriksaan lanjutan dilakukan jika seseorang terdeteksi menderita divertikulosis. Tes tersebut meliputi tes darah, tes urine, tes kehamilan bagi wanita, tes darah samar pada sampel tinja, dan CT scan. CT scan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peradangan yang sudah diderita.

Divertikulosis bisa diobati. Jika gejala yang ditunjukkan masih ringan dan tidak ada tanda-tanda komplikasi, pengobatan hanya akan melalui pemberian paracetamol. Obat ini diberikan untuk mengurangi rasa sakit.

Selain itu, dianjurkan penderita mengonsumsi makanan tinggi cairan dan rendah serat. Namun konsumsi makanan berserat ini sebaiknya dilakukan ketika nyeri sudah menghilang.

Jika sudah terlanjur parah dan bahkan terdapat komplikasi, penderita harus mengalami beberapa tahap pengobatan antara lain pemberian cairan infus dan nutrisi untuk mengistirahatkan usus.

Selain itu, akan diberikan juga antibiotik melalui suntik. Selanjutnya, akan dilakukan pemasangan selang ke lambung untuk pengosongan isi lambung. Berikutnya, akan dilakukan operasi.

Terdengar sangat menyeramkan, bukan? Oleh karena itu, yuk mulai sekarang biasakan untuk tidak menahan kentut terlalu lama atau terlalu sering. Kamu bisa minta izin keluar ruangan jika merasa akan tidak sopan.

beri-beri yang berbahaya

Beri-Beri yang Berbahaya

mandi onsen di Batu Malang

Yuk, Cobain Sensasi Mandi Onsen ala Jepang di Batu Malang