in ,

Jangan Jadi Pendendam! Ini Akibat yang akan Kamu Alami

Jangan jadi pendendam, maafkan sebelum berdampak buruk bagi dirimu sendiri

akibat pendendam
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu masih ingat kesalahan yang pernah dilakukan temanmu sepuluh tahun silam? Atau, jangan-jangan kamu masih mengingat hal-hal buruk dari mantan kamu yang kini sudah memiliki pacar? Mengingat kesalahan orang lain, dan bahkan menyimpan dendam kepada mereka bukan hal baik, lho. Ini akibat pendendam yang bisa kamu alami kalau nggak segera melupakan dan mengikhlaskan.

Pertama, kamu akan terjebak dalam masa lalu. Terdengar klise, tetapi ‘terjebak masa lalu’ adalah hal yang akan menghambatmu untuk maju. Kamu akan terus teringat dengan masa lalu. Kamu juga akan terus membayangkan hal-hal baik yang mungkin terjadi jika kamu membalaskan dendammu.

Jelas hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik, bukan? Alih-alih menyelesaikan masalah, menjadi pendendam akan mengakibatkan kamu tidak bisa menemukan kelebihan diri sendiri. Bagaimana mau menemukan hal positif bila kepalamu terus-menerus berisi hal negatif? Yuk, mulai belajar merelakan yang sudah terjadi.

Salah satu akibat pendendam adalah tidak bisa fokus pada kelebihan diri sendiri. Jelas, ini menjadi masalah bila kamu tidak juga fokus menjadi orang yang lebih baik. Daripada memikirkan ‘orang lain’, alangkah baiknya kamu lebih peduli pada diri sendiri.

Masih memiliki dendam juga membuatmu sulit mengatur emosi. Jika teringat orang-orang yang pernah menyakiti, bawaannya ingin balas dendam melulu! Eits, pikiran ini justru akan membuatmu merasa marah terhadap orang tersebut lagi dan lagi. Akibatnya jelas, pendendam tidak pernah memiliki kehidupan yang damai karena bayang-bayang masa lalu.

Apa jadinya bila di hidup yang seharusnya bisa kita maksimalkan potensi diri, mengembangkan banyak peluang, dan meraih prestasi. Menjadi pendendam hanya akan menimbulkan akibat yang fatal. Hidup akan terasa mengganjal karena ada hal yang belum ‘diselesaikan’.

Terakhir, menjadi pendendam juga akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi hubungan sosialmu. Terlebih, jika lingkungan sekitarmu sudah mengetahui bahwa kamu sulit memaafkan dan justru membenci serta ingin membalas perbuatan orang terdahulu.

Mereka pasti akan berpikir seribu kali untuk mau terbuka dan berteman denganmu. Alih-alih percaya, mereka justru malas untuk berbagi karena takut melukai hatimu dan kamu jadi dendam kepada mereka.

Yuk, mulai kurangi rasa dendam yang masih tertinggal di hati. Jangan sampai apa yang sudah terjadi justru menghalangi diri untuk berkembang jadi hebat.

menggunakan sheet mask

Break Out Setelah Menggunakan Sheet Mask? Ini Penyebabnya

tutorial berkendara dekat kendaraan besar

Tutorial Berkendara Dekat Kendaraan Besar