in ,

Jangan Lakukan Ini Karena Bisa Menyebabkan Pusing Saat Bangun Tidur

bukannya seger, tapi pusing

pusing saat bangun tidur
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Terkadang setelah bangun tidur, tubuh tidak menjadi segar malah terasa sangat pusing sehingga membuat tubuh terasa lemas. Ternyata, kondisi pusing saat bangun tidur bisa disebabkan oleh banyak faktor yang tidak disadari, seperti ada masalah pada pernapasan sehingga tidur mendengkur, kebiasaan menggeretakkan gigi, sedang hamil, durasi tidur, dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebelum tidur.

Mendengkur

Sangat sulit untuk mengetahui apakah saat tidur kita mendengkur atau tidak. Namun, kondisi mendengkur sering dialami oleh seorang yang sedang mengalami masalah pernapasan. Kondisi pernapasan yang tidak baik dapat memengaruhi kualitas tidur sehingga menyebabkan kepala terasa sakit ketika bangun tidur.

Namun, mendengkur juga bisa disebabkan oleh mengalami sleep apnea yang cukup serius. Penyakit ini memiliki gejala seperti berhenti bernapas saat tidur, terbangun pada malam hari, dan mudah merasa ngantuk di siang hari.

Kebiasaan menggeretakkan gigi

Kamu pasti pernah dengar seseorang yang menggeretakkan gigi saat tidur, ternyata kebiasaan tersebut dapat membuat kepala terasa pusing ketika bangun tidur. Kondisi ini disebabkan oleh terjadinya penegangan otot di bagian wajah. Padahal, seharusnya otot tersebut rileks saat tertidur.

Sedang hamil

Hamil dapat menyebabkan ibu mudah merasa lelah sehingga membutuhkan waktu tidur lebih sering. Tak heran, apabila ibu yang tengah hamil sering mengalami masalah sakit kepala ketika bangun tidur. Untuk menghindari rasa sakit, ibu hamil harus meminum cukup cairan dan meminimalisir konsumsi kafein yang dapat membuat dehidrasi.

Durasi tidur

Durasi tidur yang terlalu lama atau terlalu cepat dapat membuat kepala terasa sakit. Durasi tidur lebih dari 8—9 jam bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala yang umumnya terjadi pada kaum rebahan. Jadi, jangan terlalu banyak tidur biar gak sakit kepala, ya!

Minum kafein sebelum tidur

Jangan makan cokelat atau minum minuman berkafein sebelum tidur karena bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan kualitas tidur menurun. Selain itu, gaya hidup dan faktor makanan memang menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang jarang disadari.

 

film horor

Alasan Film Horor Masih Sering Ditonton Padahal Penontonnya Penakut

lagu persahabatan

Lagu yang Bikin Kangen Sama Kisah Persahabat