in

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Berbuka Puasa!

saat berbuka puasa
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Tahukah kamu? Kamu mungkin salah mengartikan kalimat ‘berbukalah dengan yang manis’. Karena kalimat itu, kamu dan keluarga pasti menyediakan menu berbuka biasanya penuh dengan makanan atau minuman yang mengandung pemanis tambahan. Kesalahan makan saat berbuka puasa ini memang sering terjadi.

saat berbuka puasa
Foto: Google Image

Padahal, makanan dan minuman manis yang dimaksud adalah yang mengandung gula alami. Sebab, gula alami ini berguna untuk menambah energi yang terkuras selama berpuasa seperti halnya Rasulullah yang menyarankan untuk mengonsumsi kurma sebagai teman berbuka.

Itu karena kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang terdapat dalam kurma lebih cepat diserap tubuh sehingga bisa segera memulihkan energi. Selain itu, kurma juga tinggi potasium yang berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Gula alami yang dimiliki kurma juga banyak terkandung dalam buah-buahan segar.

Mengutip panduan yang dirilis British Nutrition Foundation, es-es manis dan hidangan sebangsanya yang sering dijajakan ketika buka puasa mengandung banyak gula tambahan. Padahal, mengonsumsi gula berlebih pada saat buka puasa akan mengakibatkan lonjakan gula darah, lho. Karena itu, kurma dan buah-buahan segar lebih dianjurkan.

Selain kurma dan buah-buahan, air mineral dan susu juga sangat disarankan sebagai teman berbuka. Air mineral dapat kembali menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa. Sementara, susu menyediakan gula dan nutrisi alami yang baik untuk mengembalikan energi tubuh.

Disarankannya susu dan buah-buahan sebagai menu berbuka bukan berarti menutup kesempatan kamu untuk menikmati protein hewani. Kamu masih boleh menikmati sup berisi daging atau ayam. Tentu dengan memperhatikan porsi keseimbangan makanan bertepung, buah, sayuran, dan kaya protein seperti daging, ikan, telur, atau kacang-kacangan.

Setelah berpuasa lama, wajar jika ingin mengobati diri dengan makanan enak. Tetapi, cobalah untuk menjaga jumlah makanan berlemak dan makanan atau minuman manis dalam jumlah kecil. Ingatlah bahwa saat Ramadan, kamu hanya memiliki waktu yang relatif singkat setiap harinya untuk makan dan minum.

Oleh karena itu, cermatilah segala asupanmu supaya tubuh tidak terlalu terbebani dengan banyaknya makanan yang kamu konsumsi saat berbuka atau sahur. Jika bisa, berikan kesempatan pada tubuh untuk mencerna makanan yang baru saja kamu konsumsi dengan melakukan latihan kecil seperti jalan santai atau lari ringan.

perbedaan vektor dan bitmap

Yuk, Kenali Perbedaan Vektor dan Bitmap

Rilis Film Detective Pikachu, Ini Fakta Uniknya!