in ,

Jangan Main Handphone Saat Makan, Nanti Gendut!

main handphone
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Apakah kamu salah satu di antara banyaknya orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan? Kalau iya, jangan pernah makan sambil main handphone saat kamu sedang makan ya. Kenapa begitu?

main handphone
Foto: Shutterstock

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Physiology and Behaviour menemukan fakta bahwa orang-orang yang makan sambil menatap layar ponsel pintar, mengonsumsi kalori lebih banyak dibanding yang tidak.

Sebagai bagian dari studi, ada 62 partisipan berusia 18 hingga 28 tahun yang terlibat. Mereka disajikan berbagai jenis makanan, mulai dari yang sehat seperti buah-buahan, hingga junk food, soda, dan makanan manis.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa mereka yang saat makan malam masih memainkan telepon genggam, melahap 535 kalori lebih banyak dibanding partisipan lain yang tidak mengoperasikan ponsel pintarnya. Pengguna ponsel tersebut juga mengonsumsi makanan berlemak, 10 persen lebih banyak.

Tablet dan smartphone telah menjadi ‘pengganggu’ utama saat jam makan, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Oleh sebab itu, penting untuk fokus kepada makanan, karena itu akan memengaruhi pola dan asupan makanan kita,” papar Márcio Gilberto Zangeronimo, pemimpin penelitian dari Federal University of Lavras.

“Bermain handphone saat makan malam mencegah otak untuk memahami seberapa banyak makanan yang sudah kita lahap,” lanjut dia.

Candida auris

Candida Auris, si Jamur Mematikan

lagu-lagu terbaik Shawn Mendes

Sambut Konser, Ini Lagu-Lagu Terbaik Shawn Mendes