in ,

Jangan Makan Pedas Sebelum Tidur! Ini Alasannya

jangan makan pedas sebelum tidur
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Padatnya kegiatan seringkali membuat kita tak sempat mengisi perut dan akibatnya saat malam tiba, kita merasa kelaparan. Akan tetapi, usahakan jangan makan pedas sebelum tidur, ya. Itu karena alih-alih dapat beristirahat dengan nyaman, orang yang makan pedas sebelum tidur justru akan mengalami susah tidur atau mimpi buruk.

jangan makan pedas sebelum tidur
Foto: Pixabay

Diketahui bahwa ada empat tahapan tidur sebelum menuju mimpi. Pertama, “tidur ayam”, ketika kamu setengah sadar dan masih bisa mendengar sedikit-sedikit suara di sekitarmu. Tahap kedua adalah tahap tidur yang lebih dalam, tetapi juga belum pulas. Di tahap ini, aktivitas otak kamu akan berkurang dan detak jantung jadi melambat.

Tahap ketiga adalah ketika kamu tertidur pulas, kesadaran akan hilang dan tubuh mulai melakukan berbagai perbaikan sel yang rusak. Kemudian yang terakhir, adalah tahap REM (rapid eye movement).

Di sini, kamu mulai bermimpi dan biasanya terjadi sekitar 90 menit sejak tahap “tidur ayam”. Otak yang tadinya melambat kembali aktif, meski otot-ototmu sedang melemas dan beristirahat. Di tahap REM ini otak juga akan bereaksi terhadap makanan yang kita konsumsi sebelum tidur, makanan tersebut akan dicerna dan diserap oleh tubuh.

Charles Bae, seorang pakar gangguan tidur di Amerika Serikat mengatakan, makan pedas sebelum tidur dapat mengganggu proses metabolisme. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

Akibat proses metabolisme dan meningkatnya suhu, aktivitas otak menjadi bertambah walaupun tubuhmu sedang beristirahat. Sistem pencernaan mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan bahwa tubuh harus berkerja keras agar menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung.

Ketika diterima otak, sinyal tersebut pun diartikan sebagai ancaman atau gangguan sehingga kamu mengalami mimpi buruk. Oleh karena itu, apabila kamu ingin mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya maksimal tiga jam sebelum tidur. Dengan cara tersebut, kamu memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk menetralkan rasa pedas dan mengembalikan suhu tubuh.

peningkatan stres pada remaja

Parents, Peningkatan Stres pada Remaja juga Bisa Terjadi Lho

tips merawat mobil setelah dipakai untuk perjalanan jauh

Tips Merawat Mobil Setelah Dipakai Perjalanan Jauh