in ,

Jangan Merokok Sambil Mengendarai Motor

Merokok lah di tempat yang sesuai

merokok sambil mengendarai motor
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini mulai marak kesadaran bahaya merokok saat mengendara motor hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan peraturan terbaru untuk menegaskan para pengendara motor yang bandel tetap merokok saat mengendarai motor.

Peraturan tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Jauh 10 tahun sebelum peraturan tersebut dikeluarkan, sebenarnya pemerintah juga sudah mengeluarkan Undang-Undang (UU) No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 106 yang menyebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraanya dengan wajar dan penuh konsentrasi. Maksud kata wajar adalah dengan fokus dan termasuk tidak merokok.

Merokok saat mengendarai motor itu sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Belakangan sedang viral pengendara motor yang adu mulut lantaran menegur pengendara lainnya yang sedang merokok.

Pasalnya, ada beberapa kejadian parah diakibatkan terkena abu rokok yang masih aktif, seperti yang dialami oleh Rendhy Moulana. Dilansir dari laman kumparan.com mata kanan Rendhy harus mendapatkan perawatan khusus akibat terkena abu rokok yang masih aktif.

Kisah tersebut Rendhy tuliskan di akun Facebook pribadinya dengan mengunggah foto wajah Rendhy yang terbalut perban di mata kanannya.

Rendhy menuliskan bahwa ia sudah mengenakan helm half face dan sudah menutup kaca helm, namun nahas, abu rokok tetap mendarat sempurna di mata kanannya. Kini matanya harus mendapat penanganan medis agar pulih kembali.

Selain membahayakan orang lain, merokok sambil mengendarai motor juga dapat membahayakan diri sendiri karena konsentrasi akan terpecah sehingga tubuh menjadi kurang seimbang ketika harus menghadapi kejadian yang tak terduga.

Jadi, wajar saja jika saat ini banyak warga yang mengecam aksi tersebut. Bagi kamu yang mendapati pengendara sedang merokok, jika ingin menegur, tegurlah dengan kalimat yang baik dan sopan agar tidak terjadi perselisihan.

Bagi kamu yang perokok, yuk tunda dulu merokoknya saat mengendarai motor agar tidak membahayakan orang lain. Menepilah di warung kopi sebentar.

banda neira

Kenalan dengan Band Banda Neira yang Sudah Tinggal Kenangan

membuka ponsel

Waktu yang Kurang Tepat untuk Membuka Ponsel