in

Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Bertemu Anjing Liar Ganas

Jangan panik, jangan panik!

anjing galak
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tidak semua orang terbiasa dengan anjing. Bagi sebagian orang, hewan penjaga ini sangatlah menyeramkan. Beberapa orang bahkan sengaja menempatkan anjing galak di pekarangan rumah untuk membantu penjagaan rumah agar terhindar dari orang asing yang ingin berbuat jahat. Jika kamu tidak sengaja bertemu dengan anjing-anjing tersebut di jalan, lebih baik lakukan hal ini agar tidak diserang anjing.

Jangan panik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik. Memang sulit, terutama bila kamu memiliki fobia terhadap hewan karnivora ini. Namun, panik tidak akan memberikan jalan keluar apa pun, camkan itu!

Jangan lari

Jangan terburu-buru untuk mengambil langkah seribu. Jika kamu mulai berlari, anjing akan mengejarmu dan percayalah, kecepatan berlari hewan berkaki empat tersebut akan lebih cepat ketimbang kecepatan berlarimu. Tapi, kalau kamu yakin kamu bisa berlari secepat cheetah sih tidak masalah.

Diam! Freeze!

Lebih baik, diam sejenak. Hindari rasa panik dan lap peluh di keningmu sebab anjing tersebut akan mendekatimu. Dengan diam sejenak, kamu punya waktu lebih panjang untuk mengatur napas dan berpikir dengan jernih. Kamu mulai bisa mengalihkan perhatian anjing dengan benda lain seperti kayu di dekatmu. Kamu juga bisa menyuruhnya mundur perlahan.

Mundur perlahan

Bila anjing tetap mendekat, mungkin sebaiknya kamu yang harus mengalah. Lakukan gerakan mundur secara perlahan. Sembari mengambil langkah, kamu bisa mengamati sikap anjing tersebut. Saat melakukan hal ini, hindari pula melakukan gerakan mencurigakan lainnya, misalnya mundur sambil berdiri dengan satu kaki.

Hindari kontak mata

Walaupun kamu ketakutan setengah mati, jangan coba-coba bayangkan anjing tersebut adalah kekasihmu yang sudah tidak bertemu dua minggu. Jangan pernah, sekali-sekali, menatap matanya terlebih jika ia sudah menunjukkan keganasannya. Pantau dengan menggunakan anak mata agar kamu tetap bisa mengantisipasi serangan.

Pukul di bagian hidung

Jika kamu ingin mengusirnya dengan serangan fisik, ada beberapa bagian yang sebaiknya dihindari untuk kamu serang. Jika kamu terpaksa harus memukulnya, lakukan hal tersebut di bagian hidung. Hidung merupakan salah satu titik terlemah anjing. Tidak perlu terlalu keras, anjing sudah akan merasa sangat kesakitan saat kamu memukul hidungnya.

anjing belgian malinois

Fakta Belgian Malinois, Jenis Anjing Milik Bimo Aryo

meratakan perut

Tips Perut Rata dalam Sekejap!