in , ,

Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Terjadi Gempa

Lakukan hal ini saat gempa
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang hampir tidak bisa diprediksi, terutama gempa tektonik yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi. Bumi yang mendadak bergetar bikin banyak orang langsung panik. Lakukan hal ini saat gempa agar kamu bisa selamat dari bahaya.

Tetap tenang, jangan panik

Walaupun terjadi tiba-tiba, usahakan untuk tidak panik. Kepanikan justru akan membuatmu semakin bingung mengatasi gempa bumi. Tarik napas dan berpikirlah.

Berlindung di bawah benda kokoh

Jika kamu berada di dalam ruangan, carilah benda kokoh yang bisa melindungi kepalamu. Kamu bisa bersembunyi di bawah kolong meja ataupun kolong tempat tidur. Ciri meja atau tempat tidur yang kokoh adalah terbuat dari besi atau kayu yang kuat.

Matikan kompor dan sumber api

Api bisa menjadi sumber bencana, terutama jika sampai terjadi ledakan. Segera matikan kompor dan sumber api lainnya yang berpotensi menyambar benda lain. Cara memadamkan api secara darurat bisa dengan kain atau karung basah.

Keluar dari kendaraan

Saat gempa dan kamu sedang berada di dalam kendaraan yang bergerak, segeralah keluar. Kendaraan sering kali kehilangan kontrol ketika gempa terjadi. Alih-alih aman dari reruntuhan, kendaraan bisa bergerak ke arah yang tidak kamu inginkan. Keluarlah dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Keluar dari gedung tinggi, hindari lift!

Begitu pula saat kamu berada di gedung tinggi, usahakan keluar dengan menggunakan tangga darurat. Hindari penggunaan lift karena biasanya gempa bumi membuat aliran listrik mati dan lift tidak bisa dioperasikan. Jangan sampai kamu terjebak di dalam lift. Selain itu, jika tali yang menopang lift sudah tidak kuat, benda ini justru akan membawamu jatuh seketika.

Waspadai gedung tinggi, pohon, dan tiang tinggi

Jika kamu sudah berada di tanah lapang usai gempa bumi terjadi, segera jauhi benda-benda berikut. Gedung-gedung tinggi bisa jadi sudah tidak sekokoh sebelumnya. Gedung ini akan rawan roboh. Begitu pula dengan pohon dan tiang yang tinggi, sudah tidak kokoh lagi fondasinya sehingga rawan rubuh.

Jauhi bibir pantai, tebing, dan jurang

Gempa bumi biasanya disertai bencana susulan. Jika gempa terjadi berasal dari laut ataupun terjadi di dekat laut, hal tersebut bisa menimbulkan potensi tsunami. Oleh karena itu, jauhilah bibir pantai. Selain itu, gempa bumi juga bisa menyebabkan longsor. Hindari pula tebing dan jurang yang bisa membahayakan jika longsor terjadi.

Sebisa mungkin berikan kabar
Saat terjadi bencana, biasanya sinyal telekomunikasi akan tersendat. Dengan alat komunikasi darurat apa pun yang bisa kamu temukan, jangan lupa memberi kabar kepada kerabat yang berlokasi di luar daerah bencana. Infomasi darimu akan sangat membantu perkembangan penanggulangan bencana gempa bumi yang terjadi.

cara mempersiapkan finansial pernikahan

Cara Mempersiapkan Finansial Pernikahan dalam Waktu Setahun

bunga edelweis

Bunga Edelweis, Bunga Abadi Penuh Pesona