in ,

Jangan Sampai Kecele! Begini Caranya Menghindari Pembeli Penipu

penipu gak cuma berperan jadi penjual, lho!

pemebli penipu
foto: usnplash

Ngobrolin.id — Penipu gak cuma menyamar jadi pedagang aja, lho. Ada juga penipu yang pura-pura jadi pembeli dan akhirnya menipu penjual. Nyebelin, ya! Padahal, pedagang kan sedang berusaha mencari pemasukan, eh malah ditipu. Buat kamu yang punya usaha, sebaiknya kenalin deh cara-cara untuk mengetahui pembeli penipu biar tidak rugi akibat ditipu.

Struk palsu

Sebenarnya, motif ini sudah cukup lama, pembeli akan mengirimkan struk palsu yang bentuknya sangat mencurigakan. Apalagi, di zaman ini, struk bisa diedit dengan mudah agar terlihat semakin meyakinkan. Nah, kamu sebagai pedagang sebaiknya jangan lupa mengecek kebenaran struk tersebut.

Pastikan struk tidak terindikasi ada yang diedit dan semua data yang dimasukkan cocok. Waspada juga kalau foto struk tidak utuh, ada beberapa bagian yang tertahan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek rekening untuk memastikan uang pembeli sudah ditransfer.

Cek nomor hp pembeli yang mencurigakan

Kalau kamu sudah menemui pembeli yang bergelagat aneh, tidak seperti pembeli pada biasanya. Seperti mencari-cari alasan yang ganjil, coba deh cek nomor kontak itu. Kamu bisa gunakan aplikasi Getcontact untuk mengecek nomor tersebut. Biasanya, jika nomor tersebut sudah digunakan untuk menipu dan sudah memakan korban, ada korban yang memberikan nama kontak tersebut ‘penipu’.

Meminta nomor kartu ATM

Biasanya, pembeli ini sudah cukup pintar, gelagatnya tidak terlihat sebagai penipu. Ia akan terlihat seperti pembeli pada biasanya. Setelah sudah deal dan akan membayar, biasanya ia malah meminta nomor kartu ATM kamu dengan alasan untuk melengkapi data pembayaran.

Ingat ya, pembayaran melalui metode apa pun tidak pernah membutuhkan data pribadi, termasuk nomor kartu ATM. Semua metode pembayaran hanya membutuhkan nomor rekening. Jangan pernah berikan identitas pribadi yang sangat penting serta kode OTP yang masuk ke nomor kamu. Jangan pernah sama sekali pokoknya!

Order sebanyak-banyaknya tapi gak dibayar

Kalau ini modus biasanya berasal dari pesaing jualan. Ia hanya memasukkan barang jualan sampai stok barang habis. Setelah itu, ia akan sengaja tidak membayarnya hingga tenggat waktu yang ditentukan. Modusnya adalah untuk mencegah adanya pembeli di toko kamu. Sebaiknya, segera blokir orang ini deh daripada barang dagangan kamu gak laku-laku.

 

sekuel atau prekuel

Pengertian Sekuel dan Prekuel Film

sinetrn dengan episode terbanyak

Sinetron Indonesia dengan Episode Terbanyak