in ,

Jangan Sampai Salah, Madu Gak Boleh Dicampur Air Panas, Lho!

Siapa yang masih suka mencampur madu dengan air panas?

madu dengan air panas
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini madu menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Tak jarang, banyak orang rutin mengonsumsi madu setiap hari. Namun, sayangnya, masih banyak orang yang keliru ketika membuat minuman dari madu. Kebanyakan dari mereka mencampurkan madu dengan air panas, padahal madu gak boleh dicampur air panas, lho!

Meskipun madu dan air panas terkenal sebagai salah satu hal yang menyehatkan, tetap tidak boleh disatukan. Hal ini karena air panas bisa merusak nutrisi yang ada di dalam madu sehingga khasiatnya berkurang. Kamu hanya bisa merasakan manis dari madu.

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pakar, seperti yang dilansir dari laman kompas.com, Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah M.S, mengatakan madu sebaiknya tidak dicampur dengan air panas.

Madu sebaiknya dicampur dengan air hangat suam-suam kuku agar lebih cepat diserap oleh tubuh. Suhu air tersebut tidak boleh lebih dari 60°C.

Madu juga sebaiknya jangan dimasak karena proses pemasakan tersebut akan menyebabkan nutrisi di dalam madu akan menghilang, meskipun rasa manis dari madu tetap bisa kamu rasakan.

Agar kamu bisa mendapatkan khasiat madu, kamu perlu mengonsumsinya dengan cara yang benar. Ikuti aturan minum madu dalam jumlah yang telah dianjurkan. Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula.

Cara mengonsumsi madu cukup bervariatif, bisa dicampurkan ke dalam teh, dicampur yoghurt, dicampur oatmeal atau menu sarapan pagi, dan menjadi saus dressing pada salad.

Sebelum mengonsumsinya, kamu perlu memperhatikan tekstur dari madu. Madu yang bagus akan bertekstur tebal dan ketika diaduk bersama air akan bergerak sangat lambat. Sebaiknya, jangan memilih madu bertekstur cair seperti sirop dan tidak terlalu lengket di tangan. Kondisi madu juga bisa dicek dari aromanya. Biasanya, madu yang baik cenderung beraroma bunga.

 

 

 

 

 

paradise garden

Paradise Garden, Series Terbaru Jefri Nichol dan Vanesha yang Mengusut Kasus Misteri

mengiris bawang

Biar Gak Nangis Bombay, Begini Cara Mengiris Bawang Tanpa Membuat Mata Perih