in ,

Jangan Selalu Menjadi ‘Yes Man’

Gapapa kok untuk menolak jika dirasa tidak sanggup

yes man
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Istilah ‘yes man’ pertama kali terkenal saat film yang diperankan oleh Jim Carrey laku di pasaran. Film berjudul Yes Man mengisahkan tentang seseorang yang selalu berkata ‘ya’ pada setiap kesempatan karena takut kehilangan. Kini, istilah tersebut juga dipergunakan untuk sebagian orang yang sulit menolak. Padahal, selalu berkata ‘ya’ yang tidak diiringi kesanggupan akan merugikan kamu, lho!

Kesulitan untuk menggapai prioritas utama kamu dalam hidup

Karena kamu nggak bisa menolak segala sesuatu yang datang kepada diri kamu, padahal hal tersebut bukan kamu banget, kamu jadi mengabaikan prioritas hidup kamu sendiri. Fokus dulu pada tugas dalam hidup kamu sendiri. Misalnya pekerjaan, prioritaskan tugas kerja kamu terlebih dahulu pada saat jam kerja. Baru setelah seluruh tugas sudah selesai, lakukan hal yang menurut kamu baik, misalnya membantu teman.

Jangan sampai karena tidak enak hati malah merugikan kamu. Prioritas yang terabaikan akan membuat performa kerjamu menurun karena beban pekerjaan yang datang kepada kamu terlalu menumpuk.

Tidak punya waktu

Terlalu banyak hal yang kamu terima untuk dikerjakan akan memakan waktu kamu yang seharusnya bisa digunakan untuk istirahat. Manusia selalu memiliki batas, begitu juga dengan kesehatan. Jika waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk beristirahat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain, kamu akan jatuh sakit.

Pengeluaran berlebihan

Seorang ‘yes man’ biasanya tidak bisa menolak untuk mengeluarkan uang untuk menyenangkan orang lain, padahal pengeluarannya tersebut sudah berada di bawah kemampuannya. ‘Yes man’ sering kali lupa dengan kebutuhan pribadinya.

Tidak apa-apa untuk berkata tidak

Saat kamu berkata tidak, bukan berarti akan mengecewakan teman yang meminta bantuan pada kamu. Justru, ketika kamu berkata ‘iya’, padahal hati kamu berkata tidak, kamu akan mengecewakan diri sendiri. Kamu harus bisa menentukan prioritas utama dan mengetahui seberapa besar kapasitas kamu.

Kamu tidak perlu selalu menerima permintaan bantuan jika hanya ingin menyenangkan orang lain, padahal diri sendiri merasa tidak sanggup. Hal tersebut hanya akan menimbulkan kerugian pada diri kamu sendiri.

Try Out MasukKampus

MasukKampus Sambangi Kota Padang dengan Meriah

lagu adele

5 Lagu Adele yang Bikin Kamu Teringat Seseorang