in ,

Jangan Sembarangan di Sosmed, Sebentar Lagi Bakal Ada Polisi Virtual!

hati-hati ya, jangan sampai berurusan sampa polisi virtual

polisi virtual
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sebentar lagi bakal ada polisi virtual yang siap berpatroli di dunia maya untuk mengontrol media sosial agar tetap sehat dan terkontrol. Permintaan pembentukan polisi virtual ini sudah disebutkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, polisi virtual ini akan bertugas untuk mengedukasi para pengguna media sosial yang melakukan pelangaran UU ITE. Pelanggar akan dijelaskan potensial pasal yang dilanggar beserta ancaman hukumannya.

Selain polisi virtual, Kapolri Sigit juga memaparkan terkait kampanye siber yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan data pribadi dan etika di media sosial tanpa membatasi ruang kreativitas para pengguna. Rencananya, kampanye tersebut akan melibatkan para influencer agar kegiatan kampanye lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Edukasi akan melibatkan para influencer yang memiliki banyak pengikut. Edukasi yang disampaikan melalui influencer diharapkan mampu membuat para pengguna lebih nyaman dan tidak terkesan menakut-nakuti sehingga mereka bisa tetap berkreasi di media sosial dengan jalan yang benar.

Kapolri Sigit meminta kepada jajarannya untuk membuat panduan tentang penyelesaian kasus-kasus yang terkait dengan UU ITE. Hal tersebut dilakukan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo agar tidak ada penggunaan pasal-pasal karet UU ITE yang dapat menjerat pihak-pihak tertentu.

Salah satu cara untuk mencegah kemungkinan tersebut adalah dengan menetapkan peraturan bahwa kasus harus dilaporkan langsung oleh korban, tanpa perwakilan atau delik aduan.

Selain itu, Kapolri Sigit lebih menyarankan kepada para pengguna untuk menyelesaikan masalah secara mediasi, apalagi untuk kasus yang tidak ada potensi konflik horizontal atau konflik di masyarakat. Dengan begitu, tidak perlu ada pihak yang ditahan akibat permasalahan tersebut.

Selain polisi virtual, Kapolri Sigit juga memaparkan terkait kampanye siber yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan data pribadi dan etika di media sosial tanpa membatasi ruang kreativitas para pengguna.

penyesalan terbesar

Daftar Penyesalan Terbesar yang Wajib Secepatnya Disadari Sebelum Terlambat

asal usul martabak manis

Asal Usul Martabak Manis, Makanan Andalan Pemikat Hati Calon Mertua