in ,

Jangan Sembarangan Endorse, Simak Tips Endorse

tertarik mau endorse? coba simak dulu tipsnya.

tips endorse
foto: unsplash

Ngobrolinid Endorse sudah bukan menjadi kegiatan yang asing, hampir semua influencer membuka jasa promosi pada brand atau event tertentu. Memilih influencer yang akan di-endorse sama saja seperti memilih relasi bisnis yang bisa diajak kerja sama untuk menaikkan penjualan ataupun awareness. Oleh karena itu, kamu gak boleh sembarangan memilih influencer yang akan diajak kerja sama. Berikut ini Tim Ngobrolin rangkum tips endorse yang baik.

Bidang yang digeluti

Penting banget buat melihat bidang yang digeluti dari influencer yang akan kamu pilih. Pasalnya, bidang yang digeluti oleh influencer tersebut akan memengaruhi penjualan atau promosi yang akan mereka kerjakan. Akan agak aneh jika seorang yang senang gawai malah diberikan buku. Bukan tidak mungkin, hanya saja segmentasi penontonnya pasti tidak tepat. Sebagian besar pengikut influencer tersebut pasti lebih tertarik dengan dunia gawai.

Dampak yang diberikan oleh influencer tersebut

Saat ini semua orang bisa dengan mudah menjadi influencer hanya bermodalkan konten. Namun, tidak semua influencer mampu memberikan dampak yang bagus apabila diajak kerja sama. Ada banyak faktor penyebab kenapa influencer tersebut tidak bisa memberikan dampak yang baik, seperti kurang memerhatikan sistem endorse yang digunakan, kurang interaktif dengan pengikutnya, atau teknik promosi yang kurang menarik.

Jadi, banyaknya followers tidak serta-merta membuat dirinya bagus untuk diajak kerja sama. Kamu harus mampu menganalisis dampak yang akan dihasilkan oleh influencer tersebut.

Prosedur endorse

Nah ini penting banget buat kamu pahami. Setiap influencer memiliki prosedur endorse yang berbeda-beda. Faktanya, prosedur endorse untuk influencer yang kurang terkenal akan jauh lebih sederhana dibanding influencer yang sudah sangat terkenal.

Lagi pula, influencer yang sudah terkenal sekalipun tidak bisa menjamin promosi yang dilakukannya memberikan dampak yang bagus. Sebab, reaksi endorse pada setiap online shop pasti berbeda-beda, ada yang berhasil dan ada juga yang kurang berhasil. Nah, jadi jangan tergesa-gesa mau endorse influencer terkenal biar produk kamu cepat laku, ya!

Daya tarik produk dan akun online shop

Kunci keberhasilan endorse bukan hanya pada promosi yang dilakukan influencer, melainkan juga pada akun online shop dan produk yang kamu jual. Oleh karena itu, sebelum melakukan promosi sebaiknya konsep dengan baik toko online kamu terlebih dahulu.

Sesuaikan dengan budget

Keterbatasan budget yang dimiliki sebenarnya bisa menjadi keuntungan buat kamu. Sebab, kamu jadi akan lebih hati-hati memilih influencer. Jangan paksa untuk membesarkan budget agar bisa meng-endorse influencer terkenal. Karena selain hal tersebut tidak menjamin, pembesaran biaya promosi malah akan menyebabkan kondisi keuangan bisnis kamu menjadi tidak sehat.

singkatan nama makanan indonesia

7 Singkatan Nama Makanan Indonesia, Simak Kepanjangannya!

rambut upin dan ipin

Upin dan Ipin Bakalan Punya Rambut di Musim Terbaru