in ,

Sudah Coba Makanan Antijerawat?

makanan antijerawat
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Jerawat memang jadi salah satu permasalahan wajah paling menyebalkan. Bikin wajah jadi terlihat kurang menarik, gatal, dan sakit jadi beberapa alasan jerawat dibenci oleh sebagian besar orang. Bahkan, bekasnya pun sulit dihilangkan. Tapi, apakah kamu sudah pernah coba makanan antijerawat?

Penyebab jerawat sebenarnya beragam. Mulai dari hormon, debu dan polusi, gen dan keturunan, sampai pola makan yang buruk bisa memicu timbulnya si jerawat menyebalkan ini. Makanan berminyak adalah sumber potensi penyebab jerawat.

Di sisi lain, makanan yang justru mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat juga ada, lho. Nah, apa aja sih makanan antijerawat ini? Yuk, simak informasinya!

Bawang putih

Kandungan alicin yang ada di bawang putih bisa membantu membunuh virus dan bakteri. Virus dan bakteri penyebab jerawat yang doyan berkumpul di wajah juga bisa dibasmi dengan mengonsumsi bawang putih ini.

Brokoli

Anti-oksidan yang terkandung di brokoli bisa membantu melawan kerusakan kulit.

Ikan

Selain lezat, ikan juga ternyata mampu mengurangi jerawat, lho. Ikan mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kulit. Asam lemak tersebut bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, termasuk jerawat.

Beras merah

Beras merah mengandung banyak vitamin B. Vitamin B ini baik untuk mengurangi jerawat, lho. Beras merah sendiri mengandung nutrisi lain dan rendah kalori sehingga baik dikonsumsi kalau kamu sedang mengikuti program diet.

Adas

Adas adalah tanaman yang biasanya dikonsumsi minyaknya. Minyak tersebut berasal dari biji adas. Adas sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah rasa pedas. Selain itu, daun adas yang masih muda juga bisa dikonsumsi.

Adas sendiri dapat mengurangi jerawat karena mampu membuang kelebihan cairan serta racun di kulit, termasuk kulit wajah yang berjerawat.

Mentimun

Mentimun punya kandungan air yang tinggi, juga vitamin C yang bisa berfungsi sebagai anti-oksidan. Vitamin C juga bisa membantu mencerahkan kulit, lho, sekaligus meredakan peradangan pada wajah.

Teh hijau

Minuman kaya manfaat ini nggak cuma nikmat, tapi juga bisa bikin jerawat minggat. Anti-oksidan pada teh hijau dapat membantu menghilangkan infeksi, mengembalikan sinar kulit, dan juga mencerahkan kulit.

Alpukat

Buah yang satu ini memang kaya vitamin, terutama vitamin E dan C. Vitamin E bisa meningkatkan vitalitas kulit, sedangkan vitamin C bisa mengurangi peradangan kulit.

film Artic

Tuai Banyak Pujian, Film Artic Tayang di Seluruh Dunia

Coba terooss