in

Jangan Takut Gagal! Banyak Kegagalan yang Malah Jadi Penemuan Keren

jangan takut gagal! ga ada manusia yang tidak gagal

takut gagal
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Seberapa banyak hal yang tidak jadi kamu lakukan karena sudah memikirkan bagaimana jika ‘gagal’. Sadar tidak, jika ketakutan kamu menjadi benteng terbesar untuk kamu terus berjalan maju untuk menemukan sesuatu yang lain di luar sana jika kamu tidak takut gagal. Jangan takut gagal, tidak ada manusia yang tidak gagal sekalipun dia orang yang paling beruntung. Berikut ini beberapa barang yang tercipta akibat kegagalan.

Post it

Barang yang paling simpel, tapi sangat membantu ini ternyata tercipta dengan memanfaatkan lem yang gagal karena tidak lengket. Post it memang tidak memiliki lem yang kuat sehingga aman digunakan menjadi penanda di buku yang tidak akan merusak kertas buku. Arthur Fry penemu post it menggunakan lem itu untuk menempelkannya pada kertas untuk menandai halaman pada kitabnya.

Sadar jika penemuannya bisa dikembangkan lebih luas, Arthur mulai mengembangkan post it menjadi alat tulis kantor yang sudah digunakan oleh banyak orang di dunia.

Microwave

Siapa sangka jika microwave tercipta karena seseorang merasa gagal menyelamatkan cokelatnya yang sudah meleleh saat sedang berjalan melewati radiator. Dia adalah Spencer yang belajar dari kesalahannya hingga pada akhirnya terciptalah microwave pertama di dunia yang beratnya mencapai 400 kg. Sekarang sih microwave sudah kecil-kecil dan keren, ya.

Super glue

Dr. Harry Coover seseorang yang bekerja di laboratorium Eastman Kodak sedang membuat bahan yang bisa digunakan untuk membuat senjata. Namun, sangat disayangkan bahan yang dihasilkan sangat lengket hingga membuatnya kesal dan melempar adonan tersebut ke tembok. Tanpa disadari, adonan tersebut terlalu lengket, melekat dengan kuat di tembok. Bahkan, ia membutuhkan usaha untuk melepaskannya. Dari situlah tercipta lem yang super lengket.

Layang-layang

Mainan yang kerap muncul di akhir tahun karena angin yang berembus sedang kencang ini ternyata buah dari kegagalan. Dahulu, layang-layang digunakan oleh kalangan militer untuk mengirimkan kode dari komandan perang untuk menakuti musuh. Namun, di Jepang benda ini dijadikan simbol agama. Setelah perang dunia berakhir, layang-layang malah dijadikan bahan mainan yang menyenangkan.

mengatur pengeluaran bualanan

Cara Mudah Mengatur Pengeluaran Bulanan Biar Gak Boros Melulu

lagu anne marie

Lagu Anne Marie yang Wajib Ada di Playlist Kamu