in

Jangan Unggah Dokumen Ini di Media Sosial Milikmu

media sosial
Sumber: pixabay

Ngobrolin.id — Identitas pribadi memang sebaiknya tidak diumbar. Begitu pula dokumen-dokumen penting. Terlebih, media sosial merupakan salah satu sumber kejahatan yang harus kamu waspadai. Nah, sebaiknya jangan unggah dokumen-dokumen berikut di media sosial.

media sosial
Sumber: pixabay

Kartu keluarga

Kartu keluarga menyimpan berbagai informasi yang sangat penting, seperti nama lengkap dan identitas orangtua dan saudara, alamat rumah, pekerjaan orang tua serta status anggota keluargamu. Nggak mau, dong, identitas keluargamu diketahui. 

KTP

Kartu Tanda Penduduk alias KTP juga tak kalah penting. Kartu ini terdiri atas informasi pribadi pemilik kartu, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, sampai tanda tangan dan foto. Saking pentingnya, jangan sampai kamu unggah sembarangan, ya. Dokumenmu bisa digunakan sebagai identitas pelaku kejahatan jika tidak hati-hati.

Paspor

Tak kalah penting dari KTP, paspor juga merupakan identitas. Bedanya, paspor seperti tanda pengenal internasional. Oleh karena itu, mengunggah foto bagian dalam alias identitas paspor sangat nggak dianjurkan, guys. Selain bisa digunakan oleh penjahat, informasinya pun sebaiknya tidak diketahui banyak orang.

NIK

Nomor induk kependudukan (NIK) adalah nomor identitas penduduk yang khas, dan masing-masing orang cuma punya satu. Jadi, kamu jangan sebarkan NIK kamu di media sosialmu, ya. Agar NIK tetap menjadi rahasia dan cuma bisa kamu pakai kalau benar-benar dibutuhkan seperti membeli tiket transportasi umum dan keperluan penting lainnya.

Kartu pelajar/mahasiswa

Sama seperti KTP, bedanya kartu pelajar atau kartu mahasiswa (KTM) biasanya hanya berlaku di lingkungan sekolah atau kampus. Kartu ini biasanya menyimpan informasi seperti nama, nomor identitas, foto, dan tanda tangan. Belum lagi ada beberapa kampus yang menggabungkan KTM nya sebagai ATM.

Foto bayi atau anak tanpa izin

Tau, sih, foto bayi atau anak kecil itu sangat menggemaskan. Tapi taukah kamu bahwa mengunggah foto bayi atau anak kecil tanpa persetujuan orangtua itu merupakan tindakan yang sebaiknya tidak kita lakukan? Ada banyak orang di luar sana yang berpotensi menggunakan identitas anak tersebut sebagai alat kejahatan. Kasihan, kan, kalau harus anak kecil yang jadi korban.

Kartu debit atau kredit

Walaupun kamu punya banyak banget kartu kredit atau kartu debit dalam dompetmu, mengunggah foto mereka ke media sosial bukan tindakan yang baik, lho. Kartu debit atau kartu kreditmu jangan sampai disalahgunakan oleh penjahat, ya, dan malah diaku oleh mereka sebagai bukti palsu. Duh!

jenis imunisasi

Moms, Ini Jenis Imunisasi di Atas Usia Satu Tahun

font yang sering dipakai

Ini Dia Jenis Font yang Paling Sering Dipakai