in ,

Jelajah Keindahan Gua Rangko dengan Kolam Alaminya

Bisa dimasukin ke wish list kamu nih

gua rangko
foto: Brilio.net

Ngobrolin.id — Keindahan alam Indonesia tidak pernah akan habis dibahas dan dijelajahi. Salah satu keindahan alam yang selalu mampu memukau wisatawan ialah Gua Rangko yang berada di Pulau Gusung, Labuan Bajo. Lokasi wisata ini cukup sulit dijangkau, tapi keindahan yang disuguhkan seakan mampu membayar segala usaha jerih payah menaklukkan medan menuju lokasi tersebut.

Gua Rangko terletak di ujung utara Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat. Untuk mencapai ke lokasi tersebut, kamu perlu berkendara selama satu jam melalui jalur darat. Kondisi jalan yang dilewati sebenarnya sudah cukup bagus beraspal, tetapi beberapa lokasi masih sedikit berbatu.

Pulau Gusung sendiri merupakan pulau yang tidak berpenghuni, tetapi memiliki keindahan terumbu karang alami yang menawan. Air lautnya pun masih sangat jernih, dijamin bisa memanjakan mata kamu yang haus akan keindahan alam.

Setelah sampai di kawasan pantai di Desa Rangko, kamu perlu menggunakan jasa perahu kayu mesin untuk mencapai Gua Rangko. Biasanya kapal tersebut disewakan untuk perjalanan pergi dan pulang dengan harga kurang lebih sekitar Rp300 ribu. Tenang saja, ada beberapa kapal yang bisa diisi minimal delapan orang sehingga kamu bisa berbagi biaya kapal dengan pengunjung lainnya.

Perjalanan dari dermaga di pantai Desa Rangko menuju Pulau Gusung memakan waktu 30 menit dengan kondisi ombak yang tenang.

Namun, kamu juga bisa memilih untuk langsung menyewa kapal dari Pelabuhan Labuan Bajo dengan jarak tempuh sekitar 50—70 menit. Namun, tentu saja harga sewa kapal di Pelabuhan Labuan Bajo lebih mahal.

Sesampainya di Pulau Gusung, kamu perlu membayar retribusi sebesar Rp20.000 sebagai tiket masuk. Kamu perlu menyusuri jalan setapak sepanjang 500 meter untuk tiba di mulut gua. Selanjutnya, kamu perlu melewati titian tangga kayu yang licin untuk turun ke dasar gua berbatu dan licin karena ditumbuhi lumut.

Semua perjuangan kamu akan terbayarkan dengan keindahan Gua Rangko. Gua tersebut menyajikan keindahan batu-batu stalaktit yang menggantung di langit-langit gua. Selain itu, kamu juga bisa melihat pantulan ombak yang terkena sinar matahari pada dinding gua. Air di dalam gua tersebut terbilang sangat jernih sehingga stalagmit yang berada di dasar kolam terlihat sangat jelas.

Wisatawan bisa berenang di dalam gua tersebut, tetapi harus ekstra hati-hati karena banyak batuan cadas dan tajam. Jangan lewatkan kesempatan untuk snorkeling di Pulau Gusung karena pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan.

 

 

 

Pulau Bungin

Pulau Bungin, Pulau Kecil yang Dijuluki Pulau Terpadat di Dunia

devil on top

Sinopsis Devil on Top