in

Jenis Camilan Kacang, Cocok Jadi Kudapan Lebaran

jenis camilan kacang
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Beragam jenis camilan kacang bisa dengan mudah dijumpai. Makanan ringan yang satu ini memang banyak diminati. Selain karena rasanya yang gurih lezat, kacang juga bisa diolah sedemikian rupa hingga beragam bentuk dan rasa. Nah, ini dia jenis camilan kacang yang cocok jadi kudapan Lebaran.

Kacang bawang

Bisa dibilang, kacang bawang adalah versi dasar dari olahan kacang. Cara pengolahannya pun cukup sederhana. Kacang dipisahkan dari kulitnya kemudian digoreng. Bumbu yang diberikan pun tidak terlalu rumit, yakni hanya garam, bawang putih, dan penyedap.

Kacang kulit

Kalau kacang bawang adalah versi dasar dari olahan kacang tanah, kacang kulit adalah versi induk dari segala induk olahan kacang. Kacang kulit diolah dengan lebih sederhana. Kacang tidak dilepas dari kulitnya, tetapi dicuci hingga bersih. Kacang pun dimasak dengan cara dikeringkan dan diberi bumbu.

Kacang atom

Kacang atom punya bentuk yang unik, bola-bola kecil berwarna putih. Kacang dibalut dengan tepung yang renyah. Kacang atom biasa tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari rasa bawang hingga pedas.

Kacang telur

Hampir mirip dengan kacang atom, kacang telur juga dibuat dengan cara melapiskan adonan ke kacang yang sudah dikupas. Adonan yang digunakan menggunakan banyak telur sehingga disebut sebagai kacang telur. Rasanya pun lebih gurih, manis, dan pastinya punya tekstur renyah yang nagih!

Kacang disko

Kalau kacang telur dan kacang atom cenderung punya kulit yang halus dan bentuk proporsional. Hal itu sangat berbeda dengan kacang disko. Kacang disko dibuat dengan dibalutkan pada adonan tepung. Bedanya, adonan ini tidak menyelimuti kacang secara rata sehingga bagian luarnya tampak keriting.

Rempeyek kacang

Makanan yang satu ini juga tak boleh terlewatkan saat momen Lebaran. Rempeyek kacang bisa dijadikan makanan pendamping nasi. Kamu bisa memakannya bersama dengan lontong dan kupat, serta lauk opor sampai telur balado. Rempeyek kacang juga enak dimakan sebagai kudapan.

Kacang goreng pedas

Kacang ini juga memiliki tekstur yang sama dengan kacang disko, yakni lapisan bagian luarnya dibuat keriting dan tidak mulus. Pembedanya hanyalah pemberian rasa pada kacang. Kacang diberi bumbu pedas dan daun jeruk yang sudah dikeringkan. Aromanya yang harum benar-benar menggoda iman!

Kacang rebus

Camilan yang satu ini mungkin lebih cocok untuk yang sedang tidak bisa mengunyah makanan yang terlalu keras. Kacang rebus disajikan dengan masih keadaan tertutup (utuh). Kacang dicuci hingga bersih dan direbus atau dikukus. Rasanya yang gurih dan pastinya tekstur kacang rebus lebih lunak dari camilan kacang yang mengeluarkan bunyi ‘kriuk’ itu.

Menu olahan avokad

Yummy! 8 Menu Olahan Avokad ini Menggugah Selera

versi baru Aladdin

Ada Sentuhan Berbeda dari Disney di Versi Baru Aladdin