in

Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

obati jerawat dengan benar

jenis jerawat

Ngobrolin.id — Jerawat memang masalah umum yang hampir dirasakan oleh setiap orang, apalagi orang itu memiliki tipe kulit sensitif. Biasanya, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tertutup sehingga menimbulkan peradangan di bawah kulit. Jerawat memang ada banyak jenisnya, tak heran jika bentuk jerawat berbeda-beda. Yuk, kenali jenis jerawat dan cara mengatasinya.

Blackhead dan Whitehead (komedo)

Komedo merupakan jerawat dasar yang biasanya tumbuh di area hidung, Komedo ada dua jenis, yaitu komedo tertutup (whitehead) dan komedo terbuka (blackhead). Blackhead akan sangat tampak memenuhi area permukaan kulit karena berwarna hitam.

Blackhead disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori yang terbuka oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Sementara, whitehead terjadi akibat pori-pori teratas sudah tertutupi sehingga menyebabkan benjolan putih. Whitehead lebih sukar untuk dihilangkan ketimbang blackhead yang hanya menutup pori-pori atas.

Penanganan komedo masih dapat dilakukan dengan melakukan perawatan rutin mengangkat sel kulit mati atau dengan pengobatan menggunakan obat jerawat.

Pustula

Pustula merupakan jerawat yang besar dan lunak. Di bagian tengahnya berwarna putih atau kekuning-kuningan dan bagian pinggirnya seperti membengkak berwarna merah. Pustula diakibatkan oleh bakteri yang menginfeksi bagian sumbatan pori-pori. Pustula juga bisa terjadi akibat komedo yang meradang. Pustula kecil masih bisa diatasi dengan perawatan rutin dan obat jerawat.

Papula

Papula merupakan jenis jerawat yang timbul di bawah permukaan kulit, lalu menyebabkan permukaan kulit meradang dan akhirnya timbul benjolan kulit. Jika diraba, benjolan ini akan terasa sakit. Akibat meradang di bawah kulit, benjolan tersebut mengeluarkan warna merah membengkak. Berbeda dengan pustula, papula tidak memiliki ujung berwarna putih.

Untuk mengatasi papula, biasanya dokter akan memberikan antibiotik atau kortikosteroid seperti obat oles berbentuk krim.

Nodul

Jerawat nodul berbentuk hampir sama dengan papula, namun ukurannya lebih besar. Jerawat jenis ini agak susah untuk diobati dan menimbulkan rasa sakit. Jerawat ini berkembang dari pori-pori yang tersumbat dan terinfeksi bakteri. Bakteri tersebut masuk jauh ke permukaan kulit sehingga menimbulkan peradangan. Bekas jerawat nodul pun akan lama hilangnya dan berbekas menjadi warna gelap.

Jika terjadi pada kamu, sebaiknya obati jerawat di bawah pengawasan dokter. Sebab, jenis jerawat ini cukup susah untuk diobati dengan perawatan yang sederhana.

Jerawat kristik (jerawat batu)

Seperti jenis jerawat lainnya, jerawat batu juga disebabkan oleh penyumbatan pori-pori sel kulit mati. Namun, pada jerawat kristik penyumbatan disertai dengan infeksi bakteri yang menyebabkan benjolan merah besar bertekstur lembek karena mengandung nanah dan terasa sakit. Jerawat ini terbilang cukup parah dan peradangannya berpotensi meluas ke daerah kulit wajah lainnya.

Untuk menyembuhkannya, sebaiknya di bawah dokter dermatologis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

menyambut hari senin

Tips Jitu Menyambut Hari Senin Kamu Jadi Menyenangkan

banda neira

Kenalan dengan Band Banda Neira yang Sudah Tinggal Kenangan