in

Jenis Kolak yang Biasa Dijumpai Saat Bulan Puasa

jenis kolak yang bisa kamu nikmati saat berbuka puasa

jenis kolak
foto: wikipedia By Gunawan Kartapranata

Ngobrolin.id — Kolak menjadi menu buka puasa yang paling sering ditemui karena rasanya yang manis, gurih, dan mengenyangkan. Sebagian besar kolak menggunakan sumber karbohidrat selain nasi. Hal tersebut berfungsi untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian penuh dengan kondisi berpuasa. Ada banyak jenis kolak yang bisa kamu jumpai selama bulan puasa, mulai dari yang paling biasa terbuat dari pisang dan ubi hingga kolak durian.

Kandungan kolak pun terbilang pas, tidak terlalu banyak sehingga membuat perut begah. Beda cerita kalau kamu buka puasa dengan 3 mangkok kolak. Ingat, buka puasa secukupnya agar saat melanjutkan ibadah sholat magrib sampai tarawih perut tidak begah kekenyangan. Selain mudah ditemukan, kolak juga sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu merebus semua bahan hingga matang.

Berikut ini beberapa jenis kolak yang bisa kamu temui di penjual takjil yang biasa bertebaran setiap sore hari. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga sesuai dengan selera.

Kolak pisang

Kolak pisang sangat mudah ditemui karena ketersediaan pisang melimpah. Biasanya, kolak pisang digabung dengan bahan lain seperti ubi, singkong, dan lain-lain. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan pisang kepok sebanyak 800 gram, 300 gram gula merah atau bisa disesuaikan dengan selera kamu, 400 gram singkong, 3 lembar daun pandan, 1.000 cc sari santan, gula pasir, garam, dan akan lebih sedap lagi aromanya jika menggunakan ¼ sendok teh vanili bubuk.

Cara membuatnya cukup mudah, rebus singkong yang sudah dipotong-potong sesuai selera. Lalu rebus daun pandan, santan, gula merah, garam, gula pasir, dan tambahkan vanili bubuk. Setelah kuah matang, masukkan singkong yang sudah direbus terlebih dahulu. Setelah setengah matang, masukkan pisang yang sudah dipotong. Mudah, bukan?!

Kolak biji salak

Bukan berarti kamu memakan biji salak sebenarnya dengan kuah santan dan gula jawa, ya. Biji salak dalam kolak ini terbuat dari ubi merah yang sudah dikukus terlebih dahulu dan dihancurkan hingga halus. Setelah itu, ubi merah tersebut dibuat bulat-bulat seperti biji salak agar mudah dimakan dalam sekali suapan. Selanjutnya, bahan kuah kolak hampir sama dengan jenis-jenis kolak yang lain. Sebagian orang menyukai kolak ini karena teksturnya yang unik.

Kolak kolangkaling

Banyak orang membuat kolak kolang-kaling yang dipadupadankan dengan bahan lain seperti labu kuning, singkong, dan pisang. Rasa manis buah atep dengan teksturnya yang lembut tapi sangat padat dan dipadukan dengan bahan lain yang lembut sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Kolak durian

Mungkin kamu baru mendengar kolak durian. Eksistensi kolak durian memang tidak sepopuler kolak lainnya karena ketersediaannya yang terbatas dan hanya pada musim tertentu. Namun, buah yang nikmat ini ternyata bisa juga dibuat menjadi kolak, lho!

 

jerawatan

Selama di Rumah Saja Tapi Jerawatan? Mungkin Ini Penyebabnya

kegiatan ramadan

Tips Membuat Kegiatan Ramadan Menjadi Lebih Asyik Saat Harus di Rumah Saja