in ,

Jenis Makanan Penyebab Jerawat

tidak untuk dijauhi, hanya perlu dikurangi

makanan penyebab jerawat
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Jerawat merupakan kondisi yang bisa terjadi pada siapa pun, baik perempuan maupun pria. Ada banyak penyebab jerawat yang muncul di wajah, mulai dari hormon, kondisi kulit muka yang kotor, pori-pori terhambat, menstruasi, pola hidup, dan makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan penyebab jerawat, kamu tidak perlu menghindarinya, cukup mengantisipasinya saja.

Berikut ini beberapa makanan penyebab jerawat yang bisa kamu hindari atau kurangi penggunaannya untuk mencegah munculnya jerawat.

Kandungan tinggi gula

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula atau karbohidrat bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan risiko berjerawat adalah nasi putih, minuman kemasan, pasta dan mie instan, roti putih, sereal instan, permen, soda, dan makanan olahan lainnya.

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula memiliki glikemik yang tinggi. Glikemik dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin di dalam tubuh untuk meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Hal tersebut akan memengaruhi kadar hormon untuk memproduksi minyak berlebih di kulit. Minyak berlebih dapat memicu munculnya jerawat.

Susu

Susu dan produk turunannya sudah terbukti bisa menjadi penyebab jerawat, apalagi untuk remaja. Seseorang yang hobi minum susu dan makan es krim berisiko empat kali lebih tinggi untuk mengalami jerawat. Namun, belum ada penelitian yang membahas bahan apa yang terkandung di dalam susu dan berpotensi untuk memicu jerawat. Sebaiknya, konsumsi dalam batas wajar agar tidak menjadi pemicu jerawat.

Fast food

Selain tidak baik bagi tubuh, fast food juga dapat berkontribusi memicu munculnya jerawat. Makanan fast food terdiri atas burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan lain-lain. Hal ini diduga akibat kandungan lemak jahat yang mampu memengaruhi kadar hormon di dalam tubuh.

Cokelat

Cokelat juga dapat memperparah kondisi wajah. Apalagi, jika cokelat mengandung gula dan susu dalam jumlah tinggi.

Makanan berlemak omega-6

Ada beberapa bahan makanan yang kaya lemak omega-6 seperti jagung dan minyak kedelai. Pada dasarnya yang dapat memperburuk kondisi jerawat adalah ketidakseimbangan antara lemak omega-6 dan lemak omega-3.

mual saat berolahraga

Cara Mengatasi Mual Saat Berolahraga

donal bebek

Donal Bebek Berhenti Terbit di Indonesia Setelah 44 Tahun