in

Jenis Obat Ini Nggak Bikin Puasamu Batal, Lho

Ada beberapa jenis obat yang memang bisa dikonsumsi bahkan ketika kamu berpuasa lho.

obat yang nggak membatalkan puasa
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Sedang sakit tapi masih ingin lanjut saat puasa? Kamu nggak perlu khawatir karena ternyata nggak semua obat bisa membatalkan puasa, lho. Kenali dulu gejala yang kamu derita, kemudian cari tahu obatnya. Siapa tahu kamu bisa mengonsumsi obat yang nggak membatalkan puasa.

Obat yang tidak membatalkan puasa adalah obat yang dikonsumsi tidak dengan cara dimasukkan melalui mulut dan masuk saluran cerna. Jenis obat ini berdasarkan seminar medis-religius yang diadakan di Maroko pada 1997.

Mengusung tema “An Islamic View of Certain Contemporary Medical Issue”, para ahli medis dan agama akhirnya memutuskan obat yang tetap boleh dikonsumsi saat puasa, lho. Apa saja?

Obat yang diabsorpsi melalui kulit tidak membatalkan puasa, lho. Obat jenis ini bisa berbentuk salep, krim, atau plester. Jadi, kalau kamu sakit gatal-gatal dan bisa diobati tanpa harus mengonsumsi obat secara langsung, bisa gunakan salep atau krim.

Obat yang diselipkan di bawah lidah juga tidak membatalkan puasa. Contohnya adalah nitrogliserin. Obat ini ditujukan untuk penderita angina pectoris. Penyakit ini sendiri merupakan suatu gejala tekanan di dada yang disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen.

Jenis obat ketiga yang boleh dikonsumsi adalah obat-obatan yang disuntikkan. Eits, tidak sembarang obat, lho. Obat-obat yang disuntikkan itu bisa diberikan melalui kulit, otot, sendi, dan vena.

Obat tetes mata dan obat tetes telinga juga tidak membatalkan puasa. Jadi, kalau kamu sakit radang mata, mata kemerahan, atau sejenisnya tidak perlu khawatir ya karena obatnya tidak membatalkan puasa, kok. Kecuali sakit mata karena melihat kantong saat sadar banyaknya ajakan bukber sebulan kedepan.

Obat kumur juga tidak membatalkan puasa, selama penggunaannya tidak sampai tertelan. Obat kumur biasanya digunakan jika seseorang punya penyakit berkaitan dengan bau mulut. Komposisinya pun macam-macam. Pilih yang paling cocok denganmu, ya.

Selanjutnya, ada lagi jenis obat yang tidak membatalkan puasa kamu. Pemberian oksigen dan anestesi nggak bikin kita auto harus berbuka, kok. Oksigen biasanya diberikan bagi penderita penyakit pernapasan yang sedang kambuh.

Terakhir, jenis obat yang tidak membatalkan puasa adalah obat yang diberikan melalui vagina. Contoh obat jenis ini adalah suppostoria.

Gimana, apakah sakitmu bisa diobati dengan obat yang tidak harus ditelan? Tetap semangat ya puasanya!

Rilis Film Detective Pikachu, Ini Fakta Uniknya!

merasa sulit tidur di malam sebelum Senin

Merasa Sulit Tidur di Malam Sebelum Senin?