in

Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Suka Nulis

Suka menulis? Coba lakukan pekerjaan ini

pekerjaan untuk penulis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Memiliki hobi menulis bisa disalurkan untuk mendapat banyak pekerjaan, lho. Era modern ini, banyak pekerjaan menulis yang dapat kamu lirik potensinya. Nggak cuma berakhir sebagai hobi, menulis juga bisa membantumu mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Berikut ini jenis pekerjaan untuk penulis yang wajib kamu coba!

Content writer

Siapa bilang pekerjaan menulis harus dilakukan di kantor? Content writer merupakan jenis pekerjaan yang kini banyak ditekuni freelancer. Pekerjaan ini mengharuskan kamu menghasilkan konten dalam bentuk tulisan yang nantinya akan diunggah dalam bentuk rilis digital.

Kemampuan yang diperlukan untuk menjadi content writer adalah rasa keingintahuan yang tinggi, kemampuan menulis dasar, dan memiliki ciri khas dalam gaya penulisan. Ciri khas ini kembali bisa kamu sesuaikan dengan perusahaan tempatmu bekerja. Misalnya, tulisan yang dibuat dengan formal atau ditujukan untuk remaja pasti memiliki gaya yang berbeda.

Blogger

Walaupun kini masyarakat lebih banyak menikmati konten yang disediakan oleh para vlogger, pekerjaan sebagai blogger masih cukup menarik, lho. Dari blog pribadi, kamu bisa mengembangkannya menjadi lebih serius dan dapat memanjakanmu dengan penghasilannya.

Penghasilan sebagai seorang blogger bisa didapatkan dengan menuliskan endorse barang untuk dipromosikan. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur Google Adsense yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan uang setiap ada pengunjung yang membuka blog milikmu. Tertarik mencoba?

Penulis cerita

Selain menuliskan informasi untuk orang dewasa, kamu juga dapat memanfaatkan hobi menulis untuk diubah menjadi penghasilan dengan menjadi penulis buku cerita. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kebutuhan akan cerita anak cukup tinggi. Begitu pula dengan jenis cerita lainnya seperti cerita remaja dan dewasa muda.

Menulis cerita bisa diawali dengan memasukkan tulisanmu ke rubrik harian lokal. Jika sudah cukup ternama, kamu akan cukup pede untuk memasukkan karyamu ke penerbitan. Dengan demikian, penghasilan yang kamu dapatkan pun akan lebih tinggi lagi.

Editor

Seorang penulis pasti membutuhkan editor untuk mengoreksi pekerjaanya. Pekerjaan untuk penulis yang juga patut kamu coba adalah sebagai editor. Kamu memang tidak akan menulis secara langsung. Namun, kemampuanmu akan lebih terasah jika kamu juga senang membaca. Bukankah ketika kamu mengoreksi tulisan orang lain kamu akan membaca tulisan tersebut? Selamat mencoba, ya!

wisata alam menarik di Bogor

5 Spot Wisata Alam di Bogor, Dekat dengan Jakarta

penyebab keguguran

Penyebab Keguguran, Kenali dan Antisipasi